Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Jumat, 13 Februari 2015

KERANGKA DASAR SUATU PEREKONOMIAN

Yukssss belajar sambil mengingat hehehe


Macam-macam kegiatan ekonomi


a.  Kegiatan Produksi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengolah suatu bahan atau sumber-sumber ekonomi yang ada agar tercipta suatu produk yang mempunyai nilai guna yang lebih tinggi (menaikkan faedahnya).
b.  Kegiatan Konsumsi adalah kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai guna/manfaat suatu barang dan jasa. Ciri-ciri kegiatan konsumsi adalah :
1.  Barang yang digunakan dalam kegiatan konsumsi merupakan barang konsumsi;
2.  Ditujukan langsung untuk memenuhi kebutuhan;
3.  Barang yang dipergunakan akan habis atau berkurang.
c.  Kegiatan Pertukaran merupakan kegiatan saling tukar menukar barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup dan untuk mencapai kemakmuran. Kegiatan pertukaran ini ditunjang dengan kemajuan dalam komunikasi.

Masyarakat Subsisten adalah masyarakat dimana setiap keluarga menghasilkan barang dengan upaya sendiri untuk memenuhi kebutuhan sendiri dalam mencapai kemakmuran. Masyarakat subsisten meliputi dua kegiatan ekonomi pokok, yaitu berproduksi dan berkonsumsi.


Penggerak Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi ini yimbul karena adanya aktivitas ekonomi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan manusia adalah tujuan dan sekaligus motivasi dari kegiatan berproduksi, konsumsi dan tukar menukar.
Kebutuhan manusia timbul dari :
a.  Kebutuhan biologis untuk hidup (makan, minum, pakaian dan tempat tinggal);
b.  Kebutuhan yang timbul dari peradaban dan kebudayaan manusia itu sendiri;
c.  Lain-lain kebutuhan yang khas masing-masing perorangan
Unsur kegiatan produksi
1.  Sumber-sumber alam (tanah, minyak bumi, hadil tambang lain, air, udara dan sebagainya);
2.  Sumber ekonomi yang berupa manusia dan tenaga manusia (termasuk bukan hanya kemampuan fisik manusia, tetapi juga kemampuan mental, ketrampilan dan keahlian);
3.  Sumber-sumber ekonomi buatan manusia (termasuk mesin-mesin, gedung-gedung, jalan-jalan dsb). Sering disebut dengan istilah barang-barang modal atau kapital.
4.  Kepengusahaan (enterprneurship).
Tersedianya ketersediaan sumber-sumber ekonomi tersebut tidaklah menjamin kegitan produksi. Harus ada pihak-pihak yang berinisiatif menggabungkan dan mengorganisasi ketiga sumber ekonomi tersebut sedemikian rupa hingga menghasilkan barang/jasa yang dibutuhkan.

Macam-macam barang dan jasa :
1.  Barang ekonomis adalah barang yang tersedia dalam jumlah yang lebih sedikit daripada jumlah maksimum yang dibutuhkan masyarakat. Barang ekonomis selalu mempunya harga. Produksi barang ekonomis memerlukan sumber ekonomi yang terbatas jumlahnya. Oleh sebab itu tidak bisa diperoleh atau diproduksikan dalam jumlah yang tak terbatas.
2.  Barang bebas (barang non ekonomis) adalah barang yangtersedia dalam jumlah yang melebihi kebutuhan manusia, oleh sebab itu ia tidak mempunyai harga. Tetapi semua tergantung tempat dan waktu. Contohnya air (bersih) sekarang bukan lagi barang bebas, sinar matahari adalah barang ekonomis dalam musim dingin. Hal ini disebabkan makin padatnya penduduk bumi dan makin langkanya sumber-sumber alam, jumlah dan macam barang bebas semakin menyempit, dan ada kecenderungan untuk berubah menajdi barang ekonomis.
SUMBER : Buku “PENGANTAR ILMU EKONOMI NO. 1 : EKONOMI MIKRO oleh BUDIONO”




3 komentar:

Unknown mengatakan...

Selamat malam, terima kasih atas informasi akuntansi yg anda tuli, kalau boleh saya ingin bertanya. Jika ingin mengetahui apakah dalam tahun berjalan suatu perusahaan memberikan bonus ke direksi atau tidak dalam lap.keuangan dilihat dibagian apa yah ? Saya coba lihat pada akun imbalan jangka pendek dan bagian transaksi dengan pihak berelasi, tetapi kebanyakan tidak dijelaskan apakah ada pemberian bonus. Terima kasih .

Unknown mengatakan...


Pada sterling keuangan company,cepat,mudah aplikasi pinjaman online berarti satu hal: kesemptan untuk membantu lebih banyak keluarga,senior,sakit,atau terluka. Kesulitan keuangan adalah mudah salah satu tantangan terbesar dari waktu kita dan kami dalam bisnis menemukan solusi.Itulah tujuan sterling keuangan company: untuk membangun sebuah komunitas di mana orang-orang seperti Anda dapat menemukan bantuan keuangan pada saat mereka kontak dibutuhkan.

Mendapatkan Disetujui adalah Mudah!
Persetujuan mungkin bahkan untuk orang-orang dengan kebangkrutan,penyitaan,perceraian,kepemilikan,hak gadai,dll.satu-satunya persyaratan adalah bahwa Anda harus minimal 18 tahun,saat ini bekerja.

Catatan: kami menewarkan pinjaman pada tingkat 2% dan kami memberikan minimum dan maksimum pinjaman sebesar $5,000 USD ke $2,000,000 USD. Tertarik pelamar harus mengisi formulir aplikasi dan kembali untuk prosedur lebih lanjut dan untuk informasi lebih lanjut. Begitu pemohon memenuhi persyaratan, pinjaman dan rencana pembayaran akan dikirimkan kepada Anda dan semua informasi lainnya. Kontak kami E-mail: sterlingfinanceloancompany@gmail.com

LAYANAN KAMI TERMASUK
1.Investor pinjaman 2.angsuran pinjaman 3.Layanan Retailsales 4.konsolidasi hutang
5.Hipotek kedua 6.kredit usaha 7.pinjaman pribadi 8.pinjaman internasional

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.