Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Selasa, 17 September 2013

PERBEDAAN ANTARA PREMIUM (DISCOUNT) VS AGIO (DISAGIO)



Pagi ini ketika cek email tiba-tiba banyak sekali pertanyaan dari pengunjung blog akyu, diantara pertanyaan tersebut ada yang menanyakan apa perbedaan antara premium dan agio?
Akan saya jawab disini ya...
Istilah premium  dan discount biasanya terdapat dalam penawaran (penjualan) obligasi.  Untuk pengertian obligasi dan jenis-jenisnya bisa klik disini.
Harga obligasi dinyatakan dalam persentase (%), yaitu persentase dari nilai nominal. Didalam  melakukan transaksi suatu obligasi terutama dalam menawarkan (menjual) obligasi ada beberpa kemungkinan yang harus diperhatikan, diantaranya adalah :
  1. PAR (nilai Pari): Harga Obligasi sama dengan nilai nominal
Misal: Obligasi dengan nilai nominal Rp 50 juta dijual pada harga 100%, maka nilai obligasi tersebut adalah 100% x Rp 50 juta = Rp 50 juta.
Jurnal :
Kas                  Rp 50 juta
            Surat Berharga – Obligasi       Rp 50 juta
  1. At PREMIUM (dengan Premi): Harga Obligasi lebih besar dari nilai nominal
Misal: Obligasi dengan nilai nominal RP 50 juta dijual dengan harga 102%, maka nilai obligasi adalah 102% x Rp 50 juta = Rp 51 juta.
Jurnal :
Kas                  Rp 51 juta
            Premium Surat Berharga – Obligasi    Rp 1 juta
            Surat Berharga – obligasi                    Rp 50 juta
  1. At DISCOUNT (dengan Discount): Harga Obligasi lebih kecil dari nilai nominal Misal: Obligasi dengan nilai nominal Rp 50 juta dijual dengan harga 98%, maka nilai dari obligasi adalah 98% x Rp 50 juta = Rp 49 juta.
Jurnal :
Kas                                          Rp 49 juta
           
Discount Surat Berharga – Obligasi   Rp 1 juta
            Surat Berharga – obligasi                                Rp 50 juta

Yield Obligasi:
Pendapatan atau imbal hasil atau return yang akan diperoleh dari investasi obligasi dinyatakan sebagai yield, yaitu hasil yang akan diperoleh investor apabila menempatkan dananya untuk dibelikan obligasi. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi obligasi, investor harus mempertimbangkan besarnya yield obligasi, sebagai faktor pengukur tingkat pengembalian tahunan yang akan diterima.
Ada 2 (dua) istilah dalam penentuan yield yaitu current yield dan yield to maturity.
  1. Currrent yield adalah yield yang dihitung berdasrkan jumlah kupon yang diterima selama satu tahun terhadap harga obligasi tersebut.
Current yield = bunga tahunan
                         harga obligasi

Contoh:
Jika obligasi PT XYZ memberikan kupon kepada pemegangnya sebesar 17% per tahun sedangkan harga obligasi tersebut adalah 98% untuk nilai nominal Rp 1.000.000.000, maka:

Current Yield     = Rp 170.000.000 atau  17%
                             Rp 980.000.000          98%
          = 17.34%
  1. Sementara itu yiled to maturity (YTM) adalah tingkat pengembalian atau pendapatan yang akan diperoleh investor apabila memiliki obligasi sampai jatuh tempo. Formula YTM yang seringkali digunakan oleh para pelaku adalah YTM approximation atau pendekatan nilai YTM, sebagai berikut:
YTM approximation =       C +   R – P
                                                        n           x 100%
                                               R + P     
                                                   2
Keterangan:
C = kupon
n = periode waktu yang tersisa (tahun)
R = redemption value
P = harga pemeblian (purchase value)

Contoh:
Obligasi XYZ dibeli pada 5 September 2003 dengan harga 94.25% memiliki kupon sebesar 16% dibayar setiap 3 bulan sekali dan jatuh tempo pada 12 juli 2007. Berapakah besar YTM approximationnya?
C = 16%
n = 3 tahun 10 bulan 7 hari = 3.853 tahun
R = 94.25%
P = 100%
YTM approximation         = 16 +  100 – 94.25 
                                                    3.853
                                        = 100 + 94.25
                                                2
                                        = 18.01 %      

Sedangkan istilah Agio dan Disagio adalah sering kita jumpai ketika kita mempelajari bab saham. Untuk pengertian saham dan hal-hal tentang saham bisa klik disini.
Saham yang ditawarkan untuk dijual dan kontrak penjualan saham yang ditandatangani. Ada beberapa yang timbul dalam penjualan saham ini diantaranya pengeluaran saham dengan nilai nominal.

Nilai nominal saham adlah nilai yang tercantum dalam tiap-tiap lembar saham, yaitu nilai yang ditetapkan untuk masing-masing lembar saham.
Untuk dapat menyediakan informasi yang diperlukan sehubungan dengan penerbitan saham dengan nilai nominal, akuntan harus menyelenggarakan rekening-rekening berikut ini :
a.       Modal Saham Prioritas atau saham biasa
Digunakan untuk mencatat nominal saham yang diterbitkan. Rekening ini dikredit pada saat saham mula-mula diterbitkan. Rekening ini dikredit pada saat saham mula-mula diterbitkan. Tidak diperlukan jurnal tambahan terhadap rekening ini kecualia adapenerbitan saham tambahan atau pembatalan saham.

b.      AGIO SAHAM (Modal Disetor kelebihan Diatas nilai nominal atau Tambahan Modal Disetor).
Digunakan untuk mencatat kelebihan pembayaran harga saham oleh pembeli saham diatas nilai nominal. Kelebihan pembayaran harga saham diatas  nilai nominal merupakan bagian dari modal disetor dan pemegang saham secara individual tidak mempunyai klain yang lebih besar dibanding pemegang saham lainnya atas jumlah tersebut.
Misal : PT. SUKSES menjual 10.000 lembar saham nominal Rp 100/lb dengan harga keseluruhan Rp 1.500.000
Jurnal :
Kas                  Rp 1.500.000
            Agio Saham Biasa      Rp 500.000
            Modal Saham Biasa   Rp 1.000.000

c.       DISAGIO SAHAM
Digunakan untuk mencatat kekurangan pembayaran harga saham dibawah nilai nominalnya.
Misal : PT. SUKSES menjual 10.000 lembar saham nominal Rp 100/lb dengan harga keseluruhan Rp 800.000
Jurnal :
Kas                              Rp 800.000
Disagio Saham Biasa Rp 200.000
            Modal Saham Biasa   Rp 1.000.000

Sumber :         Informasi Beranda www.idx.co.id
                        Pembelajaran elearning www.gunadarma.ac.id
                        Jurnal Akuntansi Universitas Diponegoro www.undip.ac.id

5 komentar:

Michellen Haward mengatakan...

BERLAKU UNTUK KREDIT ANDA

Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda stres keuangan? Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, MichelleN Haward Kantor Pinjaman adalah jawaban untuk menawarkan semua jenis pinjaman kepada masyarakat atau siapa pun di Nees bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman sebesar 2% suku bunga untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah kondisi yang jelas dan mudah. hubungi kami hari ini via e-mail di michellenhawardloans@gmail.com

Catatan: Semua pemohon harus di atas 18 tahun

jennifer mengatakan...

Halo, saya Mrs Emmanuel Justina, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: emmanueljustina536@gmail.com

Lady Mia mengatakan...

Selamat Tahun Baru semuanya,

Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Star Loan Firm mengatakan...

Apakah Anda secara finansial bawah, mencari uang untuk memulai bisnis Anda sendiri atau untuk membayar tagihan Anda, kami memberikan pinjaman pada tingkat rendah pada 2% Terapkan sekarang melalui email:
starloanfunds@gmail.com

Mengajukan pinjaman mendesak

funloanfirm mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda ingin membayar tagihan Anda? Apakah Anda ingin menjadi stabil secara finansial? Yang harus Anda lakukan adalah untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk memulai dan mendapatkan pinjaman yang Anda inginkan. Penawaran ini terbuka untuk semua yang akan mampu untuk membayar kembali pada waktunya. Catatan-bahwa kerangka waktu pembayaran dinegosiasikan dan pada tingkat bunga 3% hanya email kami Abdallah.afandi@financier.com