Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Kamis, 04 Oktober 2012

“TUTUP BUKU”..Tujuannya apa??

Di sebuah perusahaan baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil, pastinya istilah tutup buku bukan hal yang khusus.
Mungkin bagi sedikit orang tutup buku artinya capek baca habis itu di tutup deh bukunya..hehhehe..*arti lucu..

Tapi yang benar “tutup bukuadalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh bagian adsministrasi/keuangan untuk menutup / cut off pelaporan diakhir periode. 

Biasanya pelaporan itu berbentuk pembukuan sederhana atau pelaporan yang sudah complicated.
Dikatakan sederhana karena lingkup usaha masih kecil, biasanya memuat adanya arus kas masuk dan keluar, atau kalau pembukuan persediaan hanya arus barang masuk dan keluar secara manual, atau pelaporan lain yang membutuhkan proses kegiatan usaha.
Beda lagi dengan perusahaan yang complicated, maksudnya perusahaan yang mempunyai prosedur kerja yang kompleks seperti perusahaan manufaktur atau perusahaan yang go public. Dalam hal tutup buku sangat penting dilakukan karena untuk mengetahui cut off dari masing-masing akun yang penting. Misalnya kas, persediaan dll.

Tujuan Tutup Buku
Tutup buku biasanya dilakukan sebulan, tiga bulan, enam bulan bahkan setahun sekali tergantung kepentingan masing-masing perusahaan. Jadi tidak ada patokan khusus jangka waktu untuk diadakannya tutup buku.
a.       Mencari selisih dengan cepat
Semakin kita sering melakukan tutup buku di periode yang telah ditentukan kita akan dimudahkan dalam mencari selisih atau perbedaan antara pembukuan dengan bukti fisik.
b.      Pelaporan keuangan
Tutup buku dimaksudkan untuk mendapatkan hasil akun akhir periode tutup buku dilakukan. Sehingga ketika akan dibuat Laporan Keuangan tinggal memasukkan nilai akhir dri masing2 akun yang sudah ditutup.
Misal : kadang pihak eksternal seperti bank, ataupun pajak tiba-tiba meminta data keuangan atas usaha kegiatan perusahaan. Nah, kalau perusahaan sering melakukan tutup buku maka laporan keuangan akan cepat bisa diselesaikan sewaktu-waktu. Padahal aktualnya perusahaan membuat LK setahun sekali (31 Des).
c.       Rapihnya pembukuan
Tutup buku digunakan untuk merapih-kan pembukuan. Sehingga akan didapatkan pembukuan yang update dan terbaru.

Tetapi,
Kadang tutup buku dianggap sepele bagi sebagian perusahaan. Ya mungkin karena lingkup usaha masih kecil jadi mereka anggap tutup buku adlah kegiatan yang membuang waktu. Padahal kalau kita lihat dari sisi manfaat diatas sangatlah besar. 

Pengalaman :
Ketika saya bekerja di sebuah perusahaan yang lingkup usahanya menengah keatas, kenapa saya sebut demikian karena usahanya bergerak di bidang alat-alat kesehatan milik Germany –USA dan omsetnya mencapai Milayaran rupiah.
Tetapi didalam pencatatan kas memang adanya cut off bulanan, tetapi pelaporan ke bagian akuntansi itu mundur sampai 2 bulanan. Nah dalam hal ini kadang saya kebingungan dalam mengecek saldo sebenarnya. ..

Nah, semoga dengan artikel yang saya tulis ini memberikan kejelasan mengenai arti pentingnya tutup buku dan tidak menganggap remeh kegiatan ini.

Apabila ada manfaat yang lain atau tambahan tulisan bisa ditulis dikolom komentar..

Nice day..Good luck


3 komentar:

Ibnu Baihaqi mengatakan...

samlikum , ane tertarik nih buat ngenalin produk sistem akuntansi berbasis sistem online. sistem ini di jamin sangat membantu buat semua urusan admin. jika berminat atau butuh lebih jelas cont. person saya 085247778202
kantor perusahaan saya ada di ruko season city tambora , jakarta barat

Kiper Care mengatakan...

thanks sob info tentang tutup bukunya. cek juga sob aplikasi akuntansi online geratis buatan anak Indonesia di kiper.co.id

Software Akuntansi Laporan Keuangan mengatakan...

Trimakasih Sharingnya, sangat bermanfaat...
Sekedar menambahkan, untuk tips tutup buku praktis dengan software akuntansi bisa klik link berikut Software Akuntansi UKM Indonesia