Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Kamis, 19 Juni 2014

PERBEDAAN LAPORAN AKUNTANSI VS LAPORAN KEUANGAN

Banyak yang beranggapan bahwa laporan akuntansi itu sama pengertiannya dengan laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan dalam melaporkan keuangannya.

Menurut saya, antara laporan akuntansi dengan laporan keuangan itu beda. Saya kasih penjelasan, semoga memberikan manfaat ..
Laporan keuangan merupakan bagian dari laporan akuntansi. Sebelum kita membahas mengenai Laporan akuntansi maka kita pahami dulu mengenai pengertian akuntansi.

Menurut Haryono YusufAkuntansi adalah seni atau proses pencatatan, menggolongkan, menganalisa, menafsirkan dan menyajikan laporan keuangan secara sistematis”.
Setalah mengetahui pengertian akuntansi diatas maka bisa dijabarkan atau di ketahui sebenarnya apa makna dari laporan akuntansi.

Jadi laporan akuntansi adalah laporan atau catatan atas transaksi-transaksi keuangan yaitu diawali dengan mencatat ttransaksi tersebut kedalam jurnal umum, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian sampai akhirnya menjadi laporan keuangan akhir periode (neraca 12 kolom).

CONTOH klikdisini

Ketika melihat contoh di link yang saya berikan, maka jelas, bahwa ketika ada transaksi-transaksi keuangan masuk maka seorang accounting akan membuat laporan akuntansi yaitu :
  1. Laporan Jurnal Umum;
  2. Laporan Buku Besar;
  3. Laporan Neraca Saldo;
  4. Laporan Jurnal Penyesuaian (jika ada);
  5. Selain ke -4 laporan diatas seorang accounting juga akan membuat jurnal khusus, paham kan macam2 jurnal khusus. Kalo lupa bisa klik disini

Laporan keuangan ini adalah laporan yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan di akhir periode untuk dilaporkan ke manajemen atau pihak ketiga yang berkepentingan untuk pengambilan keputusan.
Laporan keuangan terdiri dari :
  1. Neraca;
  2. Laporan L/R;
  3. Perubahan Modal (perubahan posisi keuangan);
  4. Laporan Arus Kas;
  5. Catatan atas laporan keuangan.

Semoga membantu ya buat pembaca, insyallah !!!!


Tidak ada komentar: