Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Jumat, 28 Juni 2013

CARA MENGHITUNGA MVA (MARKET VALUE ADDED)



 
Teknik analisa menghitung MVA
a.       Menghitung besarnya nilai pasar perusahaan yang dapat melalui harga saham dikalikan dengan jumlah saham yang beredar;
b.      Menghitung modal yang diinvestasikan perusahaan yang dapat melalui harga nominal saham dikalikan dengan jumlah saham beredar.

Contoh Perusahaan PT. Astra International Tbk 2010-2012
Keterangan
2010
2011
2012
Jumlah Saham Yang Beredar (lembar)
40.600.000
Di cari sendiri sesuai contoh
Di cari sendiri sesuai contoh
Harga Saham Akhir Tahun (Rp)
5.455
Equity Market (MVE) Rp
221.473.000.000
Nilai Nominal Saham (Rp)
500
Equity Book Value (BVE) Rp
20.300.000.000
MVA (Rp)
201.173.000.000

Langkah-langkah mencarinya adalah :
1.      Menentukan Jumlah saham yang beredar
Cara mencari data :
1.      Buka www.duniainvestasi.com
2.      Klik “BURSA EFEK”
3.      Klik “Statistik”
4.      Isi kode saham “contoh ASTRA kode ASII”
5.      Klik “Historical”
6.      Isi Bulan dan Tahun yang diinginkan secara bulanan;
7.      Lihat Kolom “Volume akhir bulan 31 Des 2010”.

2.      Harga Saham Akhir Tahun
Caranya seperti no. 1 tetapi yang dilihat kolom close price.

3.      MVE = Volume x Hargaa Saham Close

4.      Nilai Nominal Saham
Lihat laporan keuangan tahunan PT. Astra Int. TBK pada Neraca, lihat Ekuitas Sahamnya.

5.      BVE = Volume x Nilai Nominal Saham

6.     MVA = MVE - BVE


Untuk kesimpulannya langsung analisa sendiri ya...coba lihat panduannya klik disini

Contoh penghitungan EVA klik disini dan disini

 SEmoga sedikit memberika gambaran

48 komentar:

Nina Luthfianty mengatakan...

Assalam..
makasih banget ats infox mbak..
mau nanya dimana dapat nilai nominal sahamx n cara hitung BVE nya gimna ya??
mohon info ya mbak...
mkasih

Anonim mengatakan...

volume yang dimaksud di situs duniainvestasi adalah volume saham yang diperdagangkan, bukan jumlah saham yang beredar. anda salah cari sumber jumlah saham yang beredar

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

Dear,

terimakasih kunjungan dan masukkanya..

kalao boleh tahu, kira2 volume sahamnya yang mana-kah??

regards

widi iyan mengatakan...

Assalamualaikum...
terima kasih atas informasi mengenai MVA...informasi ini sangat membantu sekali..
mba klo boleh tau gmn yaa car untuk menghitun REVA (Refined Economic Value Added)..

Salam Widi

eli Astuti mengatakan...

Assalamu'alaikum, Ibu maaf mau tanya kalau sumber nya rumus MVA di atas dari buku siapa ya bu, Trims

Tiyok Liesti mengatakan...

Walaikumsalammsalam,

saya mengambil dari buku terjemahan milik Ronald W Hilton, dari Cornell University tahun 2008.

cover bukunya bisa lihat di link berikut :
http://www.akuntan-si.blogspot.com/search/label/Sumber%20Materi%20Untuk%20Contoh%20EVA%201%20Dan%202

Rozaki Reza Pahlevi mengatakan...

Mbk cara nyari nilai MVE nya di laporan keuangan itu gimana ya? apa jumlah equitas bersih itu?

dewi susanty mengatakan...

Trimakasi ya atas info MVAnya sangat membantu, mbk boleh tau cara penyelesaian CVA gimana ya ?

Rika Yunita Putri mengatakan...

Trimakasih infonya, kalau boleh tau, bisa saya mnta dftr pustaka cover buku nya? saya mau coba cari buku buat tanda bukti tugas akhir saya yg berkaitan dengan MVA ini, terimakasih

Mohammad Akbar mengatakan...

Maaf mba neliti tentang Cash Value Added? Boleh tau apakah penyelesainnya sudah bisa?

Surya Wardhana mengatakan...

Mbak Teknik Menghitung FVA donggggg

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

Dear pak surya wardhana,

Maaf boleh saya tahu sedikit pengertian ttg FVA?
Karen sy baru melihat singkatan itu,,

Salam

Surya Wardhana mengatakan...

fva fINANCIAL Added Value adalah metode dalam mengukur kinerja keuangan dan nilai tambah perusahaan. metode ini mempertimbangkan kontribusi dari fixed asset dalam menghasilkan keuntungan bersih perusahaan

rumusnya
NOPAT

ED

D

FVA

SAYA MASIH BINGGUNG MBAK

Surya Wardhana mengatakan...

bisa minta emailnya ga mbak

Tiyok Liesti mengatakan...

Dear Pak Surya Wardana,

Maaf baru balas, sy habis kurang enak badan.

O ya, Coba untuk rumusnya FVA di email ke saya di tiyox_banget@yahoo.com

terimakasih
salam

Surya Wardhana mengatakan...

udah mas

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

baik pak surya wardhana,

akan sy cek nant email saya,,tapi maaf sy perempuan,,heheh

Surya Wardhana mengatakan...

mbak cek emailll dong

Tiyok Liesti mengatakan...

Dear mas surya,

maaf baru sempat balas, sudah saya reply by email.

Salam

Popi mengatakan...

Mbak saya mau tanya cara hitung books value of equity dan books value of debt gimana ya ? Apa sudah ada di dalam laporan keuangan ? Kalau ada di laporan yang mana aja ya .. mohon dibalas
Terima kasih

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

Dear Mba Popi,

Untuk mencari Book Value Equity untuk rumusnya di artikel saya diatas ada.
Dan untuk Book Value of Debt adalah total hutang (hutang lancar dan hut jangka panjang)

semua itu sudah disajikan pada laporan keuangan di neraca. Untuk BVE biasanya di disclousure ada penjelsannya. sebenarnya di LK ada beberapa perusahaan yang langsug menyebutkan nilai ttl modal saham.

semoga sedikit membantu ya

yuangga dwi mengatakan...

asalamualiakum...mbak saya mau tanya cara nyari nilai MVE nya di laporan keuangan itu gimana ?mohon bantuanya butuh banget mbk untuk data sekripsi saya

Surya Wardhana mengatakan...

alamualiakum...mbak saya mau tanya cara nyari nilai MVE DAN BVE nya di laporan keuangan itu gimana ?mohon bantuanya butuh banget mbk untuk data sekripsi saya

Tiyok Liesti mengatakan...

Walaiakumsalam,

Mas Surya dengan Mas Yuanagga Dwi sepertinya pertanyaannya sama ,
Langsung saya jawab bersamaan ya hehe

Untuk mengetahui MVE dan BVE aktualnya kita sudah tahu rumusnya.
Langsung saja dimasukkan nilainya kemasing2.
Untuk MVE = Volume saham x Harga salam penutupan
Untuk BVE = Volume x nilai nominal saham.

Kalau itu perusahaan yang sudah go publik biasanya informasi mengenai LK lengkap.
Kalau datanya kurang lengkap maka bisa buka di www.duniainvestasi.com dan langsung bisa dicari nama perusahaannya.

salam

Surya Wardhana mengatakan...

Maaf mbak saya baru dapat di google apakah benar perhitungan BVE pada laporan keuangan itu Total ASSE- TOTAL KEWAJIBAN ??

Tiyok Liesti mengatakan...

Dear mas surya,

mgkin ada benarnya juga ya. so simpel yaitu ttl aset - ttl hutang adalah modal.

yuangga dwi mengatakan...

selamat malam mbak, saya bisa mintak penjelasan mengenai rumus tobin q bisa gak? saya kesulitan dalam menghitung mve dan debt.mohon bantuanya

Tiyok Liesti mengatakan...

Yuangga,

Maaf sebelumnya, untuk Tobin Q saya kurang begitu menguasai.
tapi sekilas saya baca Tobin Q rumusnya = ME + DEBT/TA

kayaknya kalao dilihat dari rumus diatas harusnya bisa dicari ya.
Kesulitannya dimana ya.

Kalau ngerjain mengenai kinerja struktur modal saham, yuangga jangan panik.
Pelan2 nant malah bisa.

Semangat

yuangga dwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
yuangga dwi mengatakan...

nah disini kesulitanya mbak, dalam mencari ME itu sama caranya dengan mencari mve kah?nah untuk saham beredar dalam bentuk volume dengan saham beredar yang di laporkan pada ekuitas apakah berbeda mbak? kalau di artikel yang pernah saya baca itu, ME = harga penutupan saham akhr tahun X jmlah saham biasa yang beredar akhir tahun

Tiyok Liesti mengatakan...

Dear Mas Yuangga,

MVE dicatatan sy diatas itu adalah volume saham beredar x harga penutupan saham. Istilah umumnya yaitu jumlah saham yang beredar x price close

Kalau ME di tobin Q memang rumusnya benar yang mas Yuangga sebut.

kalo menurut saya, sama ya antara MVE dan ME..
tergantung dari sisi mana saham yang mau di ketahui nilai pasarnya.
Tetapi biasanya untuk mengukur kinerja saham, kebanyakan saham biasa yang digunakan.


Kalau perusahaan sudah tbk, kayaknya volume harga saham mengacu ke saham biasa bukan saham istimewa.

Coba sambl didiskusikan ke dosen pembimbing lebih akuratnya.

Surya Wardhana mengatakan...

mau nanya lagi dong maaf nanya terus

JIKA FVA naik ,mungkin ga MVAnya turun

kalau mungkin bisa berikan alasaannya dengan Logika hehhee

maaf mbak saya mentok terus

yuangga dwi mengatakan...

Selamat malam mbak mau tanya lagi, misalkan bila pada laporan keuangan itu di sajikan dalam USD. Nah untuk menghitung MVEnya apakah harus di kurskan dulu itu harga pntupan sahamnya? Terimakasih.

yuangga dwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

Siang Mas Surya Wardana,

Pertanyaan : JIKA FVA naik ,mungkin ga MVAnya turun?
Jawaban saya : Mungkin
Analisanya bisa dilihat disini,, insyallah membantu

http://akuntan-si.blogspot.co.id/2017/04/pengertian-financial-value-added.html

Kalau masih ada yang belum jelas bisa ditanyakan, tapi berusaha sendiri dulu ya,,karena artikel saya cukup jels menurut saya hehe

sukses

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

Mas Yaungga,

sebelumnya saya bertanya,,apakah kurs normal yang dipakai perusahaan?

Biasanya kurs disesuaikan dengan kurs normal yang dipakai perusahaan.
Kalao perusahaan dr awal seudah menggunakan USD maka langsung bisa menggnakan USD.

Sukses

yuangga dwi mengatakan...

Kalau di laporan keuanganya itu perusahaanya sdah memakai usd dari awal mbak.nah itu kan harga sahamnya masih dalam bentuk rupiah.untuk menghitung mvenya apakah harus di kurskan ke dolar dulu itu harga saham mbak?

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

Yuangga,

menurut sy sedikit aneh ya, LK sudah USD tapi harga saham masih rupiah.

klau memang begini maka kurs normalnya disesuaikan dengan LK yang sudah dipublish dan diakui oleh pihak internal maupun eksternal.
oleh karena itu pake USD saja.

nah yang agak sulit menentukan konversinya.
coba dibaca penjelasan LK nya ya,,kalau2 disana2 membahas mengenai kurs yang berlaku untuk harga saham.

Surya Wardhana mengatakan...

Maaf mbak nanya lagi heheheh untuk rumus untuk Harga Sama itu seperti apa ya? Makasihhhh mbakkkk :(

Tiyok Liesti mengatakan...

Mas Surya,

konteksnya??

Surya Wardhana mengatakan...

Konteksnya seperti ingin mengetahui nilai saham atau harga saham pada sebuah perusahaan dengan menggunakan rumusnya apa ya mbak?

Tiyok Liesti mengatakan...

Mas Surya,
apakah :
1. Dilaporan keuangan apakah ada disclousurenya?
biasanya disana dijelaskan. coba lihat di modal saham
2. Apakah LK nya mencantumkan mengenai rasio keuangan?
kalao didisclousrenya tidak menyebutkan maka bisa lihat di rasio keuangan yang ada kaitannya dengan saham.
ambil satu rasio, lihat rumusnya..masukkan nilai2 yang ada di LK.
Insyallah ketemu

semoga membantu

yuangga dwi mengatakan...

Selamat siang mbak,
Maaf keluar dari topik mbak. Saya ingin tanya mbak, dalam mengukur CSR itu saya kan pakai GRI G4. Dan idealnya kan ngelist GRInya melalui Sustanibility Report, tetapi kan tidak semua perusahaan itu mempunyai sustanibility report. Jadi apakah saya harus melakukan list ke GRI melalui laporan CSR yang di ungkpakan pada annual report?

Tiyok Liesti mengatakan...

Dear Mas Yuangga,

Maaf untuk pertanyaan ini saya belum bisa jawab, karena saya belum menguasai materinya.
sekali lagi maaf ya.

Salam

Surya Wardhana mengatakan...

Mbak mau nanya dong heheh untuk perhitungan penilaian saham
Kan rumusnya D1/(1+r)^1

Itu knp rumusnya (1+r)
Knp ga r aja

????ditanya dosen gitu nih

Tiyok Liesti mengatakan...

Mas Surya,
sudah saya balas di komentar sebelum ini.

salam

Dani Ramdhani mengatakan...

Assalamualaikum mba
saya mau nanya, cara mencari jumlah saham yang diperdagangkan itu gimana ya mba ? kalau di idx cuma ada jumlah saham yang beredar aja,mohon info nya mba, saya mau pakai untuk menghitung TVA
terima kasih mba

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

Walaikum salam bang dani,,
Kalo menurut saya saham yg diperdagangkan dengan saham yg beredar beda pengertiannya,,,
Karna dalam pencatatan modal saham ada 5 hal yg kudu diperhatikan,,yi saham yg diotorisasi, saham beredar, saham yg belum beredar, treasury stock, dan saham yang dipesan..,

Saham yg diperdagangkan masuk kategori saham yg diotorisasi sesuai dengan akta pendirian.

Saham yg diperdagangkan bisa dilihat di modal saham di lap keuanhan,,,yg merupakan penjumlahan saham yg diotorisasi plus saham yg beredar,,

Kalo menurut saya begitu,,kalo ada masukan silahkan kita diskusi,,Semoga sedikit membNtu

Salam