Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Rabu, 13 Februari 2013

PENGERTIAN GOING CONCERN DIDALAM STANDAR AUDITING




Artikel dibawah merupakan sedikit jawaban atas pertanyaan dari penanya blog. Terimakasih atas kunjuangannya :B

Menurut Wikipedia
Going concern atau kelangsungan usaha adalah prinsip dasar dalam penyusunan laporan keuangan. Selain itu Going Concern adalah dimana entitas (perusahaan) biasanya dilihat sebagai berkelanjutan dalam bisnis di masa mendatang.
Dimana pentingnya perusahaan melakukan perlunya likuidasi, penghentian perdagangan atau mencari perlindungan dari kreditur sesuai dengan undang-undang atau peraturan untuk menjaga supaya tetap going concern.

Going Concern berdasar laporan dari sisi auditor
Kita sebenarnya tahu, bahwa tugas auditor yang paling kunci adalah memeriksa dan mengevaluasi atas laporan keuangan disertai bukti yang otentik baik dari sisi internal maupun eksternal serta memberikan opini terhadap hasil pemeriksaan tersebut.
Dalam hubungannya dengan going concern auditor mengevaluasi kemampuan perusahaan untuk melajutkan kelangsungan hidup untuk jangka waktu tidak lebih dari satu tahun setelah tanggal laporan keuangan  yang diaudit.
Hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang auditor dalam mengevaluasi laporan keuangan entitas untuk mengetahui tingkat adanya going concern adalah :
a.       Auditor mempertimbangkan barang-barang seperti tren negatif dalam hasil operasi, kredit macet, penolakan kredit perdagangan dari pemasok ekonomis komitmen jangka panjang, dan proses hukum dalam memutuskan jika ada keraguan substansiol atas kemampuan entitas untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.
Jika auditor yakin ada keraguan substansial tentang kemampuan perusahaan untuk melanjutkan kelangsungan hidup untuk jangka waktu yang wajar, ia harus memperoleh informasi tentang  rencana manajemen yang dimaksudkan untuk mengurangi dampak dari kondisi atau peristowa dan menilai kemungkinan bahwa rencana tersebut dapat dilaksanakan secara efektif.
b.      Auditor memberikan pedoman dalam menyediakan kerangka kerja untuk membantu direksi, komite audit dan tim keuangan apakah sesuai untuk mengadopsi dasar kelangsungan usaha dalam penyusunan laporan keuangan dan dalam membuat pengungkapan yang seimbang, proporsional dan jelas.
Perusahaan dikatakan memenuhi standar going concern apabila didalam laporan keuangan untuk pencatatan aset dan kewajiban adalah tepat atas dasar bahwa perusahaan akan dapat merealisasikan aktiva dan kewajiban dalam kegiatan usaha normal.
Auditor didalam memberikan opini going concern harus mempertimbangkan atas kondisi / peristiwa keungan yang ada. 

Contohnya tren-untuk Negatif misalnya, kerugian operasi berulang, kekurangan modal kerja, arus kas negatif dari aktivitas operasi, merugikan rasio keuangan indikasi lain yang mungkin kesulitan keuangan-misalnya, default pada pinjaman atau mirip perjanjian, tunggakan dalam bentuk dividen, penolakan kredit perdagangan biasa dari pemasok, restrukturisasi utang, tidak dipenuhinya persyaratan modal hukum, perlu mencari sumber baru atau metode pembiayaan atau untuk membuang aset substansial internal hal-misalnya, bekerja penghentian atau tenaga kerja lainnya kesulitan, ketergantungan besar pada keberhasilan suatu proyek tertentu, tidak ekonomis komitmen jangka panjang, perlu secara signifikan merevisi operasi hal eksternal yang memiliki terjadi-misalnya, proses hukum, undang-undang, atau hal-hal serupa yang mungkin membahayakan kemampuan entitas untuk beroperasi; kerugian dari waralaba kunci, lisensi, atau paten, kehilangan pelanggan atau pemasok utama, bencana yang tidak diasuransikan atau underinsured seperti kekeringan, gempa bumi, atau banjir.
Apabila auditor dalam mengevaluasi ada keraguan substansial dan hal tersebut sudah dipertimbangkan dengan rencana manajemen, maka ia harus mempertimbangkan menyimpulkan bahwa ketidakpastian yang signifikan mengenai kemampuan entitas untuk going concern terjadi untuk jangka waktu yang wajar dari sisa-sisa waktu, kecukupan pengungkapan tentang ketidakmampuan kemungkina perusahaan untuk going concern. Di dalam laporan audit termasuk Paragraf Penjelasan (setelah paragraf pendapat) untuk mencerminkan kesimpulannya.
Kesimpulan auditor tentang kemampuan entitas untuk melanjutkan kelangsungan hidup harus diekspresikan melalui penggunaan frase "ketidakpastian yang signifikan mengenai kemampuannya (entitas) untuk melanjutkan kelangsungan hidup" [atau kata-kata serupa yang terdiri atas persyaratan substansial keraguan dan kekhawatiran akan] seperti yang digambarkan dalam ayat .13. [Seperti diubah, efektif untuk laporan yang dikeluarkan setelah tanggal 31 Desember 1990, dengan Pernyataan Standar Auditing No 64.] 
Atau bisa klik disini.
 Contoh lain :
Berikut dari paragraf penjelasan (setelah paragraf pendapat) dalam laporan auditor menggambarkan ketidakpastian tentang kemampuan entitas untuk melanjutkan sebagai keprihatinan pergi untuk jangka waktu yang wajar. Laporan keuangan terlampir disusun dengan anggapan bahwa Perusahaan akan melanjutkan kelangsungan hidup. Sebagaimana dijelaskan dalam Catatan X atas laporan keuangan, Perseroan telah berulang kali menderita kerugian operasi dan memiliki defisiensi modal bersih yang menimbulkan keraguan substansial kemampuannya untuk kelangsungan pergi. Rencana manajemen sehubungan dengan hal ini juga dijelaskan dalam Catatan X. Laporan keuangan tidak mencakup penyesuaian yang mungkin timbul akibat dari ketidakpastian ini. [Seperti diubah, efektif untuk laporan yang dikeluarkan setelah tanggal 31 Desember 1990, dengan Pernyataan Standar Auditing No 64.] Jika auditor menyimpulkan bahwa entitas pengungkapan sehubungan dengan kemampuan entitas untuk melanjutkan kelangsungan hidup untuk jangka waktu yang wajar tidak memadai, keberangkatan dari prinsip akuntansi yang berlaku umum ada. Hal ini dapat mengakibatkan baik yang memenuhi syarat (kecuali) atau pendapat yang merugikan. Pedoman pelaporan untuk situasi tersebut disediakan di bagian 508, Laporan Laporan Keuangan Audited. Ketidakpastian yang signifikan mengenai kemampuan entitas untuk melanjutkan kelangsungan hidup untuk jangka waktu yang wajar yang muncul pada periode saat ini tidak berarti bahwa dasar untuk keraguan tersebut ada pada periode sebelumnya dan, karena itu, seharusnya tidak mempengaruhi laporan auditor pada laporan keuangan periode sebelumnya yang disajikan secara komparatif. Ketika laporan keuangan dari satu atau lebih periode sebelumnya yang disajikan secara komparatif dengan laporan keuangan periode berjalan, pelaporan petunjuk yang diberikan dalam bagian 508. Jika keraguan substansial tentang kemampuan entitas untuk melanjutkan kelangsungan hidup untuk jangka waktu yang wajar ada pada tanggal laporan periode sebelumnya keuangan yang disajikan secara komparatif, dan keraguan yang telah dihapus pada periode saat ini, paragraf penjelasan termasuk dalam laporan auditor (setelah paragraf pendapat) terhadap laporan keuangan periode sebelumnya tidak
harus diulang.

Berdasarkan dari sumber WIKIPEDIA bahwa Mengapa Auditor Gagal Komentar pada Pengecualian Asumsi Going Concern.
Karena penerbitan pendapat going concern dikhawatirkan menjadi self-fulfilling prophecy, yang menyatakan bahwa apabila auditor memberikan opini going concern, maka perusahaan akan menjadi lebih cepat bangkrut karena banyak investor yang
membatalkan investasinya atau kreditor yang menarik dananya.
Kreditor sering menganggap subjek untuk kualifikasi sebagai alasan tersendiri untuk tidak memberikan pinjaman, alasan selain keadaan menciptakan ketidakpastian yang menyebabkan kualifikasi. Dengan demikian, kualifikasi auditor cenderung menjadi self-fulfilling prophecy.  Auditor ditempatkan di tengah dilema moral dan etika: apakah untuk mengeluarkan pendapat going concern dan risiko meningkat dengan kesulitan keuangan klien mereka, atau tidak mengeluarkan pendapat going concern dan risiko tidak memberitahu pihak yang berkepentingan dari kemungkinan kegagalan perusahaan. Harapannya adalah bahwa mengeluarkan pendapat going concern mungkin mempromosikan kegiatan timelier penyelamatan. Alasan lain, lebih merisaukan bahwa auditor mungkin gagal untuk mengeluarkan pendapat going concern telah disinggung oleh media mainstream di WorldCom dan Enron kegagalan bisnis: kurangnya independensi auditor. Manajemen menentukan masa jabatan auditor dan remunerasi. Ancaman menerima modifikasi going concern dapat mengirimkan manajemen untuk auditor lain, dalam sebuah fenomena yang disebut sebagai Apalagi "belanja pendapat.", Dalam kasus ekstrim dari diri-ramalan, jika klien bangkrut, auditor kehilangan masa Audit biaya. Ini takut kehilangan biaya masa depan dapat membahayakan kemampuan auditor untuk membuat opini yang tidak bias pada laporan keuangan klien.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih infonya, lagunya juga enak ;)

Anonim mengatakan...

bisa diberikan contoh laporan audit, yang opini auditny going concern dan non going concer ?

trimakasih

azkiayessha mengatakan...

mbak mau tanya, kalau audit delay itu ada gak ya ngaruhnya ke opini audit going concern?? terima kasih

Unknown mengatakan...

mohon maaf mau bertanya, kalau frasa "ketidakpastian yang signifikan" itu summber nya dari mana ya? terima kasih

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

Malam Pak Rizka,

sumber dari Buku Auditing dan Jasa Assurance Jilid 1 dengan pngarang Alvin A Arens dkk. Penerbit Airlangga 2006.

SAlam

Unknown mengatakan...

Kalau going concern dari buku nya siapa judulnya apa.terima kasih

Unknown mengatakan...

Untuk Standar Audit (SA)terbaru mengenai frasa audit going concern bisa dilihat di Standar Audit terbaru seri 705.

Unknown mengatakan...

Untuk Standar Audit (SA)terbaru mengenai frasa audit going concern bisa dilihat di Standar Audit terbaru seri 705.

Diah Ayu mengatakan...

Terimakasih atas ilmunya, sangat membantu :))