Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Senin, 13 Agustus 2012

TUSLAH …What is the meaning…?

Allohuakbar 3x
Lebaran sebantar lagi tiba. Kalau tidak salah perhitungan saya memprediksi lebaran akan jatuh pada hari Minggu..*nglirik kalender
Tidak menyangka ya setahun begitu cepat berlalu dan lebaran juga sudah akan tiba tapi Resolusi belum tercapai juga..*senyum kedip satu mata.
Hari ini saya habis pulang dari kampung halaman, sebenarnya tidak jauh – jauh amat kampung saya ini dari kota. Dan saya dikenakan tuslah sebesar 20%. Dimana biasanya saya cukup bayar 10rb rupiah tetapi hari ini naik menjadi 12 ribu rupiah. Tetapi untuk angkuta mini dalam kota masih sama..*sekilas inpo

Menurut hasil pikir saya pengertian “TUSLAH” adalah

Kenaikan tarif armada lalulintas baik darat, laut maupun udara karena adanya lonjakan penumpang. Biasanya armada melakukan ini ketika menjelang hari raya (H-7) dan H+7 maupun hari-hari besar lain. Misal tahun baru atau liburan panjang. Tuslah biasanya diatur oleh Dinas perhubungan mengenai jumlah persentase kenaikannya.

Tetapi untuk tahun 2012 Dinas Perhubungan menjelaskan tidak ada kenaikan transportasi di hari raya lebaran 2012. Dikutip by Bisnis Indonesia.

Walaupun DinHub sudah memberikan aturan seperti itu tapi tidak sedikit armada yang masih mengenakan tuslah..*contoh yang saya lakukan hari ini
Tuslah sebenarnya sedikit memberatkan bagi para pemudik luar kota tentunya. Walaupun kenaikan tidak seberapa tapi banyak sekali penumpang yang selalu protes atas kejadian ini.
Ketika tadi pagi saya melihat kondektur bus menjelaskan kenapa terjadi kenaikan biaya kepada penumpang yang berusaha tidak mau membayar kenaikan harga tersebut.
Setelah dijelaskan akhirnya penumpang ini mau membayar.. *pasrah terlanjur naik

Beberapa armada menaikkan harga tuslah lebaran ini tidak begitu tinggi kadang ada armada yang menaikkan dengan seenaknya.

Oleh karena itu saya punya sedikit masukan kepada Dinas Perhubungan selaku pengelola jalur transportasi harus tegas memberikan informasi atas persentase  kenaikan tuslah biar tidak ada tindakan yang melanggar dari armada yang seenaknya menaikkan harga tuslah.
Kalau tidak ada maka dinas perhubungan harus juga secara tegas kepada masing-masing armada dan memberikan sanksi apabila ada armada yang melanggar.*maaf sebelumnya

Saya Tiyok, dan keluarga besar mengucapkan selamat mudik di kampung halaman masing-masing. Hati-hati terhadap barang bawaan dan keselamatan. Dan jangan lupa menyiapkan bekal serta apa-apa yang harus dibawa disaat berkendara dan keamanan rumah yang akan ditinggalkan mudik.

Semoga selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul dengan keluarga masing-masing.
Amin Ya Robb..

 Sumber : Allah is my life



Tidak ada komentar: