Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Jumat, 16 Maret 2012

KISAH NYATA PENULIS : * UANG 5000 *

  Allohuakbar…3x
Ini merupakan kisah nyata dari saya sendiri berjuang hidup dengan  uang 5000..
Sebenarnya ada apa dengan  uang 5000 ini. Mungkin nominal segini tidak begitu besar dan sering diacuhkan oleh sebagian orang. Tetapi uang ini sangat begitu barharga bagi orang miskin atau yang mempunyai pendapatan sangat kecil. Atau buat sata pribadi yang kala itu hanya uang 5000 yang ada ditangan.

Don’t neglect it..

Saya akan memulai cerita dengan pengalaman sendiri yang sudah saya alami dengan uang 5000 tersebut. Bahwa saya bisa hidup dengan uang 5000 selama hampir satu minggu.
Gimana ceritanya, bisa dicek cerita berikut. Insyaallah saya tidak mengada-ada.
Pada saat itu tanggal sudah menunjukkan  akhir bulan kalau tepatnya saya agak lupa tapi kejadian itu baru saya alami beberapa bulan yang lalu. Kalau tidak salah Desember atau Januari. Intinya pada saat itu mau mendekati tahun baru Islam (1 Muharam)...*maklumin yach

Saya sangat ingat pada waktu itu saya punya uang 20.000 di dompet. Pada saat itu saya tidak bisa menggunakan uang ATM dengan beberapa alasan *tidak saya sebutkan.
Kemudian uang tersebut sebagian saya pergunakan untuk transportasi ngaji ke salah satu masjid di Kabupaten Semarang dan menyisakan uang 5000.
Tetapi pada saat itu hati saya tenang sekali walaupun hanya pegang uang 5000 karena saya bisa mengikuti pengajian dan sebelumnya saya sempat dihadapkan pada dua pilihan antara berangkat dan tidak.
Dan pada saat itu saya juga tidak ada pulsa jadi memang semua sms dari rekan-rena tidak bisa saya balas *sebelumnya minta maaf hehe

Bagaimana dengan makan saya..?
Apakah uang 5000 itu bisa cukup buat hidup selama kurun waktu satu minggu sampai waktu gajian tiba…?
Insyallah kalau kita percaya bahwa Allah akan memberikan jalan keluar bagi hambaNYA yang selalu dijalanNYA… Insyallah Amin..
Pengajian dilakukan pada hari minggu dan dari hari minggu itu saya hanya bisa menggunakan uang 5000 untuk biaya hidup.

Hari Pertama, Senin pada kala itu saya melakukan ibadah puasa sunah dan untuk sahurnya saya memasak Mie Instan + Susu dan alhamdulilah sampai sore. Untuk buka sore saya membawa makan siang dikantor. Alhamdulilah menunya sangat nikmat dan nasinya banyak banget dan masih dalam kondisi segar.. Subhanallah..
Perlu saya beritahukan bahwa jarak antara tempat kerja dan tempat kos bisa ditempuh dengan jalan kaki. Alhamdulilah..Nice…
Dan pada saat itu jadwal kampus juga libur jadi itu juga yang membuat saya tenang. Tapi saya yakin kalaupun ada jadwal kekampus pasti ada jalan menuju kekampus.. *percaya dulu..

Hari Kedua, Nah senin saya lolos dan uang 5000 masih utuh, kemudian selasa dengan hanya sarapan pagi dengan segelas susu saya berangkat dikantor. Dan alhamdulilah dikantor disediakan makanan berupa mie instan untuk dipergunakan oleh setiap karyawan yang tidak sarapan pagi dan untuk makan malam ketika lembur… so saya buat deh mi instan itu..:)
Selasa Karena lunch caterringnya itu banyak sekali menunya kemudian saya berpikir kalau saya menyisakan saya bawa pulang..ehm dari pada kebuang kan mubazir..*not reason..
Jadi selasa malam saya cukup makan malam dengan makanan yang saya bawa dari kantor dan lagi-lagi minum susu itu penting…*awal bulan stock persediaan susu banyak.

Hari Ketiga, Rabu pagi saya olahraga *rutin jogging dan  alhamdulilah ketika keringat mengucur serta lihat teh manis kayaknya seger. Tapi hal itu saya hilangkan karena saya mikir saya tidak bawa uang sama sekali. Dengan tetep semangat saya melakukan jogging saya tidak sengaja merogoh saku celana olahraga saya dan saya menemukan uang 2000 di saku. Subhanallah..akhirnya teh manis itu kebeli dengan penuh senyum..
Sesampai dikos saya istiraht didepan kamar dan berucap “Allah, I Love You Sooo Muchhhhhhh”
Kemudian saya mandi dan minum susu lalu berangkat kekantor. Dan lagi-lagi pimpinan kantor bawa roti karena habis dari keluar kota dan dibagikan ke semua karyawan.
Subhanallah… Allohuakbar ..
Ketika lunch saya melakukan hal yang sama seperti hari kemarin dengan menyisakan makanan buat nanti malam…
Saya ingat Sabda Nabi tercinta kita “berhentilah makan ketika belum kenyang, dan jangan berlebihan…”..Once time this is not reason..
Malamnya saya diner dengan bawaan nasi yang saya bawa dari kantor dan minum susu sebelum tidur.

Hari Keempat, Kamis saya melakukan ibadah puasa sunah kembali dengan sahur dengan memasak mie instan (stok tinggal 1) dan segelas susu. Dan kejadian itu sama seperti hari senin..
Buat buka saya buat teh manis dengan makan malam dengan menu yang saya bawa dari kantor… Ingat ya sebelum tidur minum susu dulu karena itu penting buat kesehatan..

Hari Kelima, Hari jumat saya seperti aktivitas biasanya. Pagi hanya minum susu dan berangkat kekantor. Sampai dikantor saya meminta Mba Lina *teman yang sukan buatin minum* untuk minta tolong membuatkan mie instan karena pada saat itu perut saya lapar banget *tidak tertahankan..
Setelah selesai makan saya lanjutkan bekerja dengan tenang.
Siangnya ketika lunch nasi saya habiskan semua dan tidak ada yang saya bawa pulang karena pada saat itu saya bener-bener lapar banget. Mungkin karena pekerjaan yang begitu padat dan pikiran tercurah ke pekerjaan jadi energy habis..*not reason..
Ketika itu saya tidak berpikir bagaimana dinner saya malam nanti. Ketika habis makan baru saya ingat dan mikir bagaimana dengan nanti malam..??
Tapi saya pada waktu itu saya positif thingking saja..
Tiba-tiba jam 16.00 ketika saya mau pulang kantor tiba-tiba pimpinan datang dan mengadakan meeting mendadak sampai malam. Dan coba tebakkkkk…. Apa yang terjadi..
Pimpinan saya ini menyuruh kami makan malam bersama dengan menu yang sangat nikmat  sangat nikmat.. Subhanllah.. terselamatkanlah perut saya ketika itu.
Dan ketika pulang saya masih dibawain kue …

Hari Keenam, Hari Sabtu dimana kerja saya libur dan saya baru berpikir bagaimana dngan makan siang dan malam saya. Pagi setelah habis berolahraga kemudian saya sarapan pagi dengan kue dari kantor semalam dengan susu. Setelah dhuha kemudian saya santé dan ketiduran sampai siang. Jam 12.30 saya baru solat dhuhur dan tiba-tiba perut saya lapar sekali. Lihat dompet uang tinggal 5000 kemudian setelah cari di tas kantor saya menemukan uang 1000 jadilah uang saya 6000. Ehm saya mikir ehm enaknya buat beli makan apa ya..
***** akhirnya saya belikan nasi dan sayur . dan saya belinya terpisah. Ketika itu saya memutuskan untuk tidak pake lauk karena sayur yang saya beli sudah ada potongan dagingnya. Jadi hari keenam saya udah tidak ada uang lagi ditangan.
Karena nasi dan sayurnya banyak sekali diberinya maka sebagian saya buat makan malam. Eh tidak tahunya sore jam 4-an perut saya tidak bisa ditahan lagi. Lapar sekali dan akhirnya saya habiskan nasi plus sayur  itu.
Kemudian saya mikir wah makan malam sama apa nanti ini..
Habis magrib saya mengaji kemudian saya dengar tok tok tok..pintu kos saya diketuk dari luar. Saya lihat ibu kos bawa rambutan banyak sekali. Saya bilang ini buat saya semua ibu..kata ibu kosnya iya ini semua buat mba ..
Dan ibu kos juga bilang “karena mba Tiyok sering membantu saya, makanya ini tadi saya ada rambutan banyak saya berikan buat mba Tiyok…” 

Buat teman-teman dimana kalau kita baik ma orang lain maka lain waktu ketika kita membutuhkan bantuan kita akan dibantu mereka. Malah walaupun kita tidak memintanya tapi dengan ijin Allah kita pasti akan dibantu oleh orang yang sudah kita bantu atau pertolongan yang lain..

Jadi malamnya saya makan rambutan dan alhamdulilah dibantu kue dan susu sudah cukup buat membuat perut saya kembali nyaman….

Hari Ketujuh; Nah ini hari Minggu dan saya memutuskan untuk untuk berpuasa Muharram 2 hari yaitu sehari sebelum dan pas tanggal 1 Muharamm-nya.. Dengan Sahur berupa Susu 2 gelas saya niatkan untuk puasa sunah Muharam. Habis aktifitas pagi saya ketiduran hingga siang dan bangun untuk solat dhuhur. Habis sholat dhuhur mengaji dan dilanjutkan melihat tauziyah di dalah satu tv nasional..Red bagus banget.
Kemudian sore after solat ashar saya mikir santai wah nanti buka ma apa ya.  Ketika itu saya pasrah karena didalam hati saya punya pikiran bahwa orang yang berpuasa seharian penuh tidak akan meninggal..*prinsip

Kemudian ketika sore liat tayangan Tv saya mendengar di Masjid sebelah kos bahwa nanti malam ada dzkir dan doa bersama untuk awal tahun. Kemudian habis buka dengan segelas susu dan air putih saya berangkat ke masjid. Tidak terasa waktu berlalu. Habis membaca doa Yasin dan Tahlil , sholat Isyak dan dilanjutkan baca Al-Qur’an tidak teras selesai pukul 22.00. ketika saya mau pulang tiba-tiba ada ibu ibu tua narik tangan saya.*jangan pulang dulu ndok, makan bareng-bareng ma kita*.. Sebenarnya mau saya tolak karena kos saya tutup jam 22.00 lebih dikit tapi kata ibunya saya mau diantar pulang kekos..
Subhanallah..makan malam bersama penduduk asli situ, share bareng dan menambah pergaulan untuk diri sendiri.
Allohuakbar…
Akhirnya perut saya keisi dengan nasi juga..
Sampai di kos, saya langusung menangis sejadi-jadinya.. Alloh Maha Besar.. I love Allah soo muchhhhhhhhhhh..

Akhirnya hari senin dan alhamdulilah gajian dan saya minta tunai karena ATM saya belum bisa saya gunakan….

Begitulah cerita saya dengan uang 5000… 

Nb : kalau kita percaya dan yakin terhadap semua niat baik insyallah pasti semua akan berjalan lancer dan berjalan baik..
Allah tidak akan membiarkan hamba-NYA yang mencoba dan berusaha dalam kebaikan dan akan Allah akan memberikan uluran tangan untuk membantu setiap hamba-NYA yang meminta pertolongan..
PERCAYALAH..!!!

Allohuakbar 3x..

Sumber : Artikel pribadi..

Tidak ada komentar: