Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Jumat, 10 Mei 2013

PENENTUAN TINGKAT SUKU BUNGA



1.      Pada dasarnya suku bunga merupakan harga yang dibayar untuk dana atau modal. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat suku bunga adalah :
a.                Permintaan akan dana; dan
b.               Penawaran dana
2.      Teori “loanable Funds” member penjelasan menapa suku bunga naik atau turun. Fokus teori ini ada pada penawaran (supply) dan permintaan (demand) terhadap dana yang dapat dipinjamkan (loanable funds).  Kurva penawaran untuk Loanable funds (Sf) memiliki kemiringan (slope) positif, sedangkan kurva permintaan untuk loanable funds (Df) memiliki slope negative. Perpotongan antara Df dan Sf menentukan tigkat suku bunga pada kondisi keseimbangan  (equilibrium) sera jumlah dana yang dipinjamkan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi suplly dari loanable funds (Sf) adalah
a.       Rumah Tangga (household)
Jika suku bunga tinggi atau penghasilan meningkat, tabungan rumah tangga semakin bertambah Sf meningkat;
b.      SEktor Usaha (Business)
Kelebihan kas yang dapat diinvestasikan dalam jangka pendek akan meningkat Sf;
c.       Pemerintah (Government)
Pmerintah memepengaruhi suplly dana melalui Bank Sentral ini merupakan factor yang paling dominan dalam menentukan besar kecilnya Sf. Bank Sentral mempengaruhi jumlah kredit yang tersedia da pertumbuhan penawaran uang (money suplly) melalui operasi pasar terbuka (open market operation). Jika Bank Indoensia ingin menurunkan money suplly, ia akan menjual SBI (Sertifikat Bank Indonesia) ke masyarakat, sehingga ada rupiah yang kembali ke Bank Indonesia, penawaran uang berkurang. Sebaliknya jika Bank Indoensia ingin menaikkan jumlah uang beredar, aia akan membeli SPBU (Surat Berharga Pasar Uang) dari masayarakat. Di AS bank sentral disebut Federal Reserve Bank (Fed) yang melakukan open market operation dengan cara menjual atau membeli Treasury Bills (surat Obligasi Jangka pendek dari pemerinta AS).
d.      Investor Asing
Semakin banyak investor asing yang tertarok untuk memberikan pinjaman atau menginvestasikan dananya di suatu Negara, Sf akan naik.
Ke 4 faktor diatas juga mempengaruhi permintaan akan loanable funds (Df). Yaitu jika konsumsi rumah tangga meningkat, bila perekonomian membaik dan perusahaan memiliki banyak alternative investasi, kebutuhan modal meningkat, dan jika pemerintah menaikkan anggaran balanja, maka Df akan meningkat pula. Begitu juga apabila investor asing membutuhkan dana dari suatu Negara maka Df akan meningkat juga.

Kurva Sf dan Df tidak konstan tetapi berubah karena adanya perubahan pada factor-faktor yang mempengaruhinya.
Kurva Loanable Funds
 


  1. Jika penawaran loanable funds bertambah, kurva Sf akan bergeser ke kanan (artinya pada suku bunga yang sama, semakin banyak dana yang ditawarkan). Demikian sebaliknya.
  2. Jika permintaan loanable funds bertambah, kurva Df akan bergeser ke kanan (artinya pada suku bunga yang sama, kurva Df akan banyak dana yang minati). Demikan sebaliknya.
 SUmber : Teori & Praktek "Manajemen Keuangan" oleh Lukas Setia Atmaja, Ph.D.

Tidak ada komentar: