Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Kamis, 16 Mei 2013

ILUSTRASI LAPORAN LABA DITAHAN VS LAPORAN PERUBAHAN EKUITAS



Materi ini untuk menjawab dari penanya blog..

Tks fr yr visit...:)

Untuk mengetahui apakah itu laba ditahan bisa klik disini dan  pengertian pengertian laporan perubahan modal adalah unsur dari laporan keuangan yang memuat mengenai perubahan modal dalam kurun waktu tertentu dalam satu periode keuangan.



Contoh :
PT. EMAK BAPAK adalah perusahaan dagang yang sudah berdiri sejak 2012. Selama kurun waktu ini PT. EMAK BAPAK belum melakukan transaksi penjualan atas barang dagangannya dikarenakan setiap marketing masih proses memasarkan barang ke calon pembeli. Ketika perusahaan berdiri sampai sekarang hanya terdapat beberapa akun yang timbul :
a.       Rugi tahun 2012 sebesar 15.000.000
b.      Biaya selama bulan januari 2013 adalah 1 juta.
c.       Modal saham, nominal Rp 10.000/lb, beredar 50.000
d.      Agio saham Rp 10.000.000
e.       Laba ditahan (R/E) tahun 2012 Rp 150.000.000 (sebelum diumumkannya dividen)

Perhitungan :
Harga kurs : 100% x (25% x Rp 10.000 x 50.000) = Rp 125.000.000
Niali Pari : 25% x Rp 10.000 x 50.000 = Rp 125.000.000
Dalam hal ini tidak ada nilai premium maupun nilai diskonnya karena nilai kurs 100%.
Nilai Premium
Selisih positif antara harga obligasi/Saham  dengan nilai parinya.
Nilai Diskon
Selisih negatif antara harga obligasi/Saham dengan nilai parinya.

Jawab :
a.      Membuat Jurnal
Tanggal 31 Des 2012
Laba Ditahan                         Rp 125.000.000
            Hutang dividen                                  Rp 125.000.000
(mengumumkan pembagian 25% saham)

Bisa dilihat di neraca 2012 berikut :
(maaf untuk Aktiva dan pasiva saya global angkanya, tidak sy rinci, karena saya yakin pembaca blog saya sudah pinter-pinter hehehe..AMIN)

PT. EMAK BAPAK
NERACA
PER 31 DESEMBER 2012
Aktiva Lancar
terdiri dari kas, perlengkapan, persediaan, biaya dibayar dimuka dll
Aktiva Tetap
Terdiri dari inventaris, tanah dan bangunan serta penyusutannya
TOTAL AKTIVA




Rp 400.000.000



Rp 270.000.000


Rp 670.000.000

Kewajiba Lancar
Terdiri dari hutang dagang dan dividen
Ekuitas
Modal saham
Agio Saham
Laba (Rugi) Ditahan
Laba (Rugi) tahun berjalan
Total PASIVA


Rp 150.000.000



Rp 500.000.000
Rp 10.000.000
Rp 25.000.000

(Rp 15.000.000)
Rp 670.000.000

Note :
a.      di Aktiva tidak ada unsur piutang karena tidak ada piutang karena belum ada penjualan.
b.      Untuk R/E adalah 25.000.000 (150.000.000-125.000.000)
c.       Hutang lancar terdiri dari hutang dagang 25 juta dan hutang dividen 125 juta jd totalnya 150juta.

dibayarkan pembagian dividen saham 25% dari harga nominal dengan kurs 100%. Deviden dibagikan tanggal 15 Januari 2013.
Jurnal tanggal 15 Januari 2013
Hutang dividen                      Rp 125.000.000
            Kas                                          Rp 125.000.000
(Membayar dividen).


b.     Membuat Laporan Keuangan
PT. EMAK BAPAK
Laporan Perubahan R/L
Per 31 Januari 2013
Rugi  Awal (31 Des 2012)                                                                (Rp 15.000.000)
Dikurangi : Biaya-biaya selama bulan januari 2013                     (Rp 1.000.000)
Rugi Akhir 31 Januari 2013                                                        (Rp 16.000.000)

PT. EMAK BAPAK
Laporan Laba di Tahan
Per 31 Januari 2013
Laba di tahan Awal (31 Des 2012)                                     Rp 150.000.000
Ditambah Laba (Rugi) Bersih                                              (Rp 16.000.000)
Dikurangi : Deviden                                                              (Rp 125.000.000)
Laba ditahan Akhir (31 Jan 2013)                                Rp 9.000.000         

PT. EMAK BAPAK
Laporan Perubahan Ekuitas
Per 31 Januari 2013
Modal Awal (31 des 2012)                                                              Rp 500.000.000
Modal Akhir (31 Jan 2013)                                                         Rp 500.000.000

PT. EMAK BAPAK
NERACA
PER 31 JANUARI  2013
Aktiva Lancar
terdiri dari kas, , persediaan, perlengkapan, biaya dibayar dimuka dll
Aktiva Tetap
Terdiri dari inventaris, tanah dan bangunan serta penyusutannya
TOTAL AKTIVA





Rp 274.000.000


Rp 270.000.000


p 544.000.000

Kewajiba Lancar
Terdiri dari hutang dagang dan dividen
Ekuitas
Modal saham
Agio Saham
Laba (Rugi) Ditahan
Total PASIVA


Rp 25.000.000



Rp 500.000.000
Rp 10.000.000
Rp 9.000.000
Rp 544.000.000

Note : Perubahan Aktiva  lancar karena adanya pembayaran biaya 1 juta dan pembayaran dividen 125.000.000 jadi 400.000.000-1juta-125juta = 274.000.000

 Semoga sedikit memberi pencerahan...
Good Luck

11 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum...
Mba aku mau tanya, apabila belum sampai pada pembagian devidenya, contohnya Deviden dbagikan pada akhir tahun,

Dan saya masih membuat laporan keu. untuk bulan februari, bagaimana contohnya mbaa?? apakah pos deviden hrus tetap ada?? di laporan?? dengan nilai Nol

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

Walaikumsalam,
Ketika diumumkan dividen berpengaruh ke pengurangan laba di tahan pada hutang dividen, ketika membayar hutang divideng berkurang dan kas juga ikut pula berkurang.

Selama 2 transaksi diatas tidak ada maka belum ada unsur untuk dibagikannya dividen. jd g perlu di tayangkan di Laporan....KECUALI sudah saaatnya dibagikan per 31 des XXX tapi perusahaan masih menunda dibagikan maka muncul R/E di Neraca sebelah pasiva..

Semoga seidkit memberikan gambaran..
Salam Sukes

Regards

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum,
Mohon maaf sebelumnya mba,
Tapi untuk Laporan Laba di tahan itu kenapa muncul deviden yah??

dan apabila berupa deviden kas/tunai, bagaimana perlakuan di Neracanya?

Terima Kasih

Tiyok Liesti mengatakan...

Walaikumsalam,

kenapa muncul dividen di laba ditahan karena tgl 15 jan 2013 ada transaksi pembagian dividen..coba lihat soalnya...

Contoh diatas adalah pembagian dividen tunai/kas. jd neracanya mirip diatas...
*coba dibaca pelan2 ya..

good luck

Anonim mengatakan...

assalamualaikum mba,,

Mba, ada yang ingin saya tanyakan, kenapa modalnya tidak berubah mba???

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

Walaikumsalam Wr. WB,

hayooo kenapa modal tidak berubah ???? heheheh
Kalau menurut anda gimana, hayooo??? hehehe
kalau menurutku kenapa moal tidak berubah karena tidak ada penambahan modal. Untuk R/E dan agio saham memang tidak sy tambahkan ke lap ekuitas, karena kalo sy baca di artikel2 keuangan, bahwa R/E lebih baik di buat laporan tersendiri dan tetep dicantumkan di LK untuk mempermudah evaluasi.

Regards

Anonim mengatakan...

asaalamualaikum mba...
Mba, aku minta bantuanya boleh...

Kalo untuk mencari laba ditahan awal, bagaimana??

Karena perusahaan sya ini baru berdiri di bulan oktober, ini untuk saya buat laporan keuangan d bulan desember kmarin, dan belum ada laba ditahannya. saya bingung, terima kasih :)

Anonim mengatakan...

SALAM MBA...
mBA AKU MAU TANYA KENAPA RUGI AWAL DIMASUKIN LAGI KE LAPORAN LABA RUGI???

BUKANNYA SEMUA UDAH DI INCOME SUMMARY MBA?? MOHON PETUNJUKNYA
TERIM KASIH

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

1. asaalamualaikum mba...
Mba, aku minta bantuanya boleh...

Kalo untuk mencari laba ditahan awal, bagaimana??

Karena perusahaan sya ini baru berdiri di bulan oktober, ini untuk saya buat laporan keuangan d bulan desember kmarin, dan belum ada laba ditahannya. saya bingung, terima kasih :)

Jawab :
Walaikumsalam,
oh boleh, kalau perusahaan baru berdiri di tahun pertama g ada R/E.. OK

2. SALAM MBA...
mBA AKU MAU TANYA KENAPA RUGI AWAL DIMASUKIN LAGI KE LAPORAN LABA RUGI???

Jawab :
hemm gini..
Untuk membuat laporan Lap L/R ditahun 2013 MAKA hasil L/R di tahun 2012 merupakan saldo awal lap. L/R di tahun 2013 entah laba atu rugi..


BUKANNYA SEMUA UDAH DI INCOME SUMMARY MBA?? MOHON PETUNJUKNYA
TERIM KASIH
Income summary tahun berapa nih..???
Coba deh kamu baca soalnya pelan2 ya.. kalau masih kurang jelas boleh tanya kembali..

Good luck ya

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb

Mbaa, mau tanya... laba ditahan ini dpt dari mana yah mba??
Laba ditahan (R/E) tahun 2012 Rp 150.000.000 (sebelum diumumkannya dividen)

Apakah.. laba tahun 2012??

Indahnya Belajar Akuntansi mengatakan...

Walaikumsalam,

Laba ditahan 150juta dari soal :D

begini, laba ditahan itu muncul diantaranya adalah ketika perusahaan harus membagikan laba tetapi laba itu belum dibagikan.

Didalam laporan keuangan terutama Neraca apabila hanya ada akun Laba ditahan maka itu termasuk laba tahun 2012 (tahun berjalan) dan akumulasi laba2 tahun yang lalu,

tetapi kalau di Neraca ada akun Laba Tahun berjalan dan Laba ditahan maka untuk laba thun berjalan adalah laba tahun yang bersangkutan misal 2012. dan laba ditahan termasuk laba2 tahun yang lalu yang belum dibagikan dividennya.

bgitu menurut saya..