Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Selasa, 25 September 2012

BALANCED SCORECARD…. Apa itu…???

Menurut Ronald W. Hilton,
Pengertian Balanced Scorecard “is a communication, information and learning system. Building a scorecard helps managers link today’s action with the achievement of today’s priorities”.
Merupakan sebuah komunikasi, informasi,  dan pembelajaran system.  Perkembangan sistem balance scorecard membantu para manager dalam kegiatan operasional untuk menentukan skala prioritas.

Balanced Scorecard merupakan system management yang dalam pelaksanaannya menggunakan empat prespektive diantaranya ;
1.      Keuangan (Financial) – How do we look to the company?
Melihat tinjauan perusahaan dilihat dari sisi keuangan. Didalam prespektive keuangan ada beberap kunci pengukuran (measures) yang harus diperhatikan diantara :
a.       Keuntungan (profit)
Menurut Wikipedia keuntungan merupakan selisih antara pendapatan dengan biaya untuk membuat suatu produk atau penyediaan jasa sebelum dikurangi biaya overhead, gaji, pajak dan pembayaran bunga.
Tujuan dari berdirinya perusahaan adalah mendapatkan keuntungan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut bisa berlangsung untuk masa yang akan datang (goal congruence) .
b.      Pendapatan (Revenue)
Merupakan hasil yang sudah atau akan diterima atas produk atau jasa yang kita pasarkan.
c.       Biaya (Cost)
Merupakan tingkat pengorbanan untuk bisa menghasilkan dan menjual produk dalam rangka mendapatkan keuntungan.
d.      Volume
Adalah tingkat penjualan atas produk yang kita pasarkan untuk mendapatkan keuntungan.

2.       Operasi Internal (Internal Operations) - In which activities must we excel at company
Kegiatan operasional perusahaan harus mempunyai daya saing dengan perusahaan lain dan mempunyai keunggulan yang berorientasi kepada konsumen.
Pengukuran itu adalah :
a.       Kualitas (quality)
-          Ketepatan didalam pengiriman barang (Timelines of delivery),
-           Merawat didalam penanganan paket (care in handling parcels).
b.      Efisiensi Operations (operations efficiency)

3.       Pelanggan (customers) -  How do our customers view the entertainment services provided by the company
Orientasi kepada pelanggan yaitu bagaimana pelanggan melihat layanan hiburan yang disediakan oleh perusahaan. Apakah pelanggan sudah merasa puas dan yakin terhadap produk dan jasa yang kita pasarkan.
Pengukuran pelanggan bisa dilakukan dengan cara

a.       Pengaduan pelanggan (Customers claims);
Misalkan keluhan pelanggan terhadap hilangnya produk (lost parcels), barang rusak atau cacat. Dan perusahaan bisa menyelesaikan dengan secepat mungkin tanpa membuat pelanggan terganggu.
b.      Orientasi pada pelanggan (Customers concerns)
c.       Data Integrity atau akurasi  didalam pelacakan paket (accuracy of the parcel tracking process)

4.       Pembelajaran dan pertumbuhan (Learning and growth) -  How we can continually improve and create value in the company
Manajer dalam menjalankan tugas sehari-hari akan menggunakan orang lain dalam operasi perusahaan , Orang lain tersebut dalam hal ini pegawai harus diukur kinerja dari pegawai tersebut,menurut Anthony, (1997)  pengukuran tersebut meliputi :
-          Proses pemilihan pegawai
-          Meyakinkan bahwa pegawai telah dilatih dengan cukup
-          Memutuskan dan menempatan pegawai yang sesuai delam organisasi
-          Memberi wewenang dan tanggung jawab
-          Disiplin, memberi nasihat , dan saran
-          Meyakinkan bahwa lingkungan kerja yang memuaskan
-          Membantu memecehkan masalah
-          Menyetujui tindakan yang diusulkan , diambil dan yang tidak boleh diambil Pegawai
-          Berinteraksi dengan manajer lain
-          Kerjasama dalam rangka memecahkan masalah yang menghambat pekerjaan pusat pertanggungjawaban
-          Berusaha menciptakan iklim yang mendorong pekerjaan untuk berkerja secara efektif dan efisien.

Bagaimana kita dapat terus meningkatkan dan menciptakan nilai dalam perusahaan. Hal-hal yang perlu di ukur adalah :
a.       Employee injuries (cidera karyawan)
b.      Employee retention (retensi karyawan)
c.       Employee relation index (hubungan indeks karyawan).

Sumber : Management Accounting - Ronald W. Hilton (2007)


1 komentar:

JIMMY ANGGADA PUTRA mengatakan...

Dashyat!
Isi blog mba Tiyox cukup lengkap sampai ke pembahasan Balance Scorecard segala, tetap berkarya ya