Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Senin, 16 Januari 2012

PSAK 15 AKUNTANSI UNTUK INVESTASI DALAM PERUSAHAAN ASOSIASI

PSAK 15
AKUNTANSI UNTUK INVESTASI DALAM PERUSAHAAN ASOSIASI
PENDAHULUAN
Tujuan
Pernyataan ini mengatur perlakuan akuntansi untuk investor yang melakukan investasi dalam perusahaan asosiasi (associates)

Ruang Lingkup
Pernyataan ini tidak mengatur :
a.    Investasi pada anak perusahaan
b.    Investasi pada joint venture
c.    Goodwill, hak paten, trademark, dan asset yang serupa;
d.    Finance leases sebagaimana didefinisikan pada PSAK No. 30 tentang Sewa dan
e.    Investasi Dana Pensiun dan perusahaan asuransi jiwa

Definisi
Berikut adalah pengertian istilah yang digunakan dalam pernyataan ini :
Perusahaan asosiasi; adalah peusahaan yang investornya mempunyai pengaruh yang signifikan dan bukan merupakan anak perusahaan maupun joint venture dari investornya.
Joint venture adalah perjanjian perjanjian kontraktual yang melibatkan dua atau lebih pihak-pihak untuk melaksanakan kegiatan ekonomi yang dikendalikan bersama.
Pengaruh signifikan adalah wewenang untuk berpartisipasi dalam keputusan yang menyangkut kebijakan keuangan serta operasi investee, tapi bukan merupakan pengendalian terhadap kebijakan tersebut.
Pengendalian (dalam pengertian ini) adalah kekuatan untuk mengatur kebijakan keuangan dan operasi dari sebuah perusahaan untuk mendapat manfaat dari aktivitasnya.
Anak perusahaan (subsidiary) adalah perusahaan yang dikendalikan oleh perusahaan lain, (yang disebut induk perusahaan)
Metode Ekuitas (Equity method) adalah metode akuntansi yang mencatat investasi pada mulanya sebesar biaya perolehan (cost) dan selanjutnya disesuaikan untuk perbahan dalam bagian pemilikan investor atas asset bersih investee yang terjadi setelah perolehan. Laporan laba rugi investor merefleksikan bagian laba atau rugi investor atau hasil usaha investee.

Metode biaya (cost method) adalah metode akuntansi yang mencatat investasi dicatat sebesar biaya perolehan. Penghasilan baru diakui oleh investor, apabila investor mendistribusikan laba bersih (kecuali dividen saham) yang berasal dari laba setelah tanggal perolehan.

Investor menghentikan penggunaan metode ekuitas sejak tanggal di saat
1.     Investor tidak lagi memiliki pengaruh signifikan dalam perusahaan asosiasi tetapi menahan, seluruh atau sebagian, investasinya atau,
2.    Penggunaan metode ekuitas tidak lagi sesuai karena beberapa alas an sebagaimana dijelaskan pada paragraph 8 yaitu investasi pada perusahaan asosiasi dipertanggungjawabkan dengan menggunakan metode biaya jika perusahaan asosiasi beroperasi dengan pembatasan yang ketat dalam jangka panjang sehingga secara signifikan mempengaruhi kemampuannya untuk mengalihkan dana kepada investor. Investasi perusahaan asosiasi juga dipertanggungjawabkan dengan menggunakan metode biaya jika investasi diperoleh dan dimiliki secara khusus dengan tujuan untuk dijual dalam jangka pendek.

Investasi dalam perusahaan asosiasi dipertanggungjawabkan dengan metode ekuitas sejak tanggal pada saat investasi tersebut memenuhi definisi perusahaan asisiasi. Selisih (baik positif maupun negative) antara biaya perolehan (acquisition cost) dengan bagian investor atas nilai wajar asset neto yang dapat diidentifikasi (net identficable asset) pada tanggal akuisisi harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan PSAK No. 22 tentang Akuntansi Penggabungan Usaha.

Penyesuaian yang diperlukan terhadap bagian investor atas laba rugi setelah akuisisi harus dilakukan untuk hal-hal berikut :
a.    Penyusutan asset tetap berdasarkan nilai wajarnya;
b.    Amortisasi atau selisih antara biaya perolehan dan bagian investor atas nilai wajar asset neto yang dapat diidentifikasi (investor’s share of the fair value of net identifiable assets).

Laporan keuangan konsolidasi
Investasi dalam perusahaan asosiasi harus dipertanggungjawabkan dalam laporan keuangan konsolidasi menurut metode ekuitas, apabila investor mempunyai pengaruh signifikan dan menurut metode biaya, apabila investor tidak mempunyai pengaruh signifikan.

Pengungkapan
Pengungkapan berikut harus dibuat :
a.    Daftar dan penjelasan dari perusahaan asosiasi yang signifikan yang meliputi : nama, tempat, kedudukan, persentase, kepemilikan, dan persentase hak suara (apabila berbeda dengan persentase kepemilikan).
b.    Metode yang digunakan untuk mempertanggungjawabkan investasi tersebut.

Investasi dalam perusahaan asosiasi yang dipertanggungjawabkan dengan metode ekuitas, harus diklasifikasikan sebagai asset jangka panjang dan diungkapkan sebagai pos terpisah dalam neraca. Bagian investor atas pos luar biasa atau pos masa lalu (pror period items) yang berasal dari investee harus diungkapkan secara terpisah.

Tanggal efektif
Pernyataan ini berlaku efektif untuk laporan keuanan yang mencakup periode laporan yang dimulai [ada atau setelah tanggal 1 januari 1995. Penerapan lebih dini dianjurkan.


1 komentar:

windy wonka mengatakan...

sangat membantu bgt bu blognyaa.. saya mau ngucapin terimakasih banyak, penyelesaian tugas kuliahku jd lebih cepat setelah menemukan blog ibu :D
Sukses selalu :D