Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Minggu, 28 Mei 2017

PENDEKATAN INDUKTIF DAN DEDUKTIF


Lanjutan dari materi Metodologi Penelitian

Penjelasan gambar diatas adalah sebagai berikut :

1.    Pendekatan Induktif
Merupakan salah satu ciri dari penelitian kaulitatif yaitu proses penarikan konklusi, dilakukan dari hal-hal ang bersifat khusus menuju hal-hal yang bersifat umum.
Pendekatan ini menjelaskan bagaimana teori lahir dari proses pengamatan fakta-fakta khusus dilapangan, yang kemudian di analisis, diamati secara berulang dalam dimensi waktu yang berbeda, diverifikasi dengan fakta-fakta yang lain, hingga akhirnya dapat dideskripsikan dalam teori atau dalil-dalil ilmiah.

Dalam Chalmers (1983) mengemukakan bahwa teori atau dalil yang dihasilkan secara induktif, pada akhirnya dapat pula menjadi rujukan, untuk menjelaskan atau meramalkan terjadinya fenomena empiris dilapangan.

2.    Pendekatan Deduktif
 Merupakan ciri dari penelitian kuantitatif yaitu proses penarikan konklusi, berdasarkan hal-hal yang bersifat umum (premis mayor), menuju hal-hal yang bersifat khusus (premis minor) sehingga dihasilkan konklusi kebenaran ilmiah atau hukum ilmiah (law of scientific) yang rasional dan empiris.

Pendekatan ini menjelaskan pembuktian penelitian empiris melalui verifikasi di lapangan berdasarkan kaidah-kaidah riset ilmiah, sejak dari pengumpulan data, analisis data sampai dengan penarikan konklusi.

Sumber : Metodologi Penelitian “Penelitian Bisnis dan Pendidikan” oleh Dr. Agus Wahyudin, 2015.

Tidak ada komentar: