Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Jumat, 31 Maret 2017

PENGERTIAN VALUE ADDED INTELLECTUAL COEFFICIENT (VAICTM)


Hasil gambar untuk gambar intellectual capital
Metode value added intellectual coefficient (VAICTM) dikembangkan oleh Pulic pada tahun 1997 yang didesain untuk menyajikan formasi tentang value creation efficiency dari asset berwujud (tangible asset) dan asset tidak berwujud (intangible asset).

VAICTM merupakan instrument untuk mengukur kinerja intellectual capital perusahaan. Pendekatan ini relative mudah dan sangat mungkin untuk dilakukan, karena dikonstruksi dari akun-akun dalam laporan keuangan perusahaan (neraca, L/R).

Keunggulan metode VAICTM adalah karena data yang dbutuhkan relative mudah diperoleh dari berbagai sumber dan jenis perusahaan. Data yang dibuthkan untuk menghitung rasio dalam VAICTM adalah angka-angka keuangan yang standar yang umumnya tersedia dari laporan keuangan perusahaan. Alternative pengukuran IC (Intellectual Capital) lainnya terbatas hanya menghasilkan indicator keuangan dan non keuangan yang unik yang hanya untuk melengkapi profil suatu perusahaan secara individu.

Model ini dimulai dengan kemampuan perusahaan untuk menciptakan value added (VA). Value Added adalah indicator paling obyektif untuk menilai keberhasilan bisnis dan menunjukkan kemampuan perusahaan dalam penciptaan nilai (value creation). VA dihitung sebagai selisih antara output dan input.
Output (OUT) merepresentasikan revenue dan mencakup seluruh produk dan jasa yang dijual di pasar, sedangkan input (IN) mencakup seluruh beban yang digunakan dalam memperoleh revenue. Hal penting dalam model ini adalah bahwa beban karyawan (labour expenses) tidak termasuk IN. karena peran aktifnya dalam proses value creation, intellectual potential (yang dipresentasikan dengan labour expenses) tidak dihitung sebagai biaya (cost) dan tidak mask dalam kompunen IN. karena itu, aspek kunci dalam model Pulic adalah memperlakukan tenaga kerja sebagai entitas penciptaan nilai (value creating entity).
Secara lebih ringkas, formulasi dan tahapan perhitungan VAICTM adalah sebagai berikut :

  1. Mengitung Value Added (VA) yaitu selisih antara output dan input (Pulic, 1999)
VA = OUT – IN
Dimana :
OUT = Output; total penjualan dan pendapatan lain
IN = Input; beban penjualan dan biaya-biaya lain (selain beban karyawan)
Atau bisa dihitung dengan cara lain yaitu :
VA = OP + EC + D + A
Dimana :
OP = Operating Profit (Laba Operasi)
EC = Employee Cost (Beban karyawan)
D = Depreciation (Depresiasi)
A = Amortisation (Amortisasi)

  1. Menghitung Value Added Capital Employed (VACA)
VACA adalah indikator untuk VA yang diciptakan oleh satu unit dari physical capital. Rasio ini menunjukkan kontribusi yang dibuat oleh setiap unit dari CE terhadap value added organisasi.
VACA = VA/CE
Dimana :
VACA = Value Added Capital Employed : rasio dari VA terhadap CE
VA = Value Added
CE = Capital Employed ; dana yang tersedia (ekuitas, laba bersih).

  1. Menghitung Value Added Human Capital (VAHU)
VAHU menunjukkan berapa banyak VA dapat dihasilkan dengan dana yang dikeluarkan untuk tenaga kerja. Rasio ini menunjukkan kontribusi yang dibuat oleh setiap rupiah yang diinvestasikan dalam HC terhadap value added organisasi.
VAHU = VA/HC
Dimana :
VAHU = Value Added Human Capital yaitu rasio dari VA terhadap HC
VA = Value added
HC = Human Capital yaitu  Beban Karyawan.

  1. Menghitung Structural Capital Value Added (STVA)
Rasio ini mengukur jumlah SC yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 rupiah dari VA dan merupakan indikasi bagaimana keberhasilan SC dalam penciptaan nilai.
STVA = SC/VA
Dimana :
STVA = Structural Capital Value Added yaitu rasio dari SC terhadap VA
SC = Structural Capital : VA – HC
VA = Value added

  1. Menghitung Value added Intellectual Coefficient (VAICTM)
Yaitu mengindikasikan kemampuan intelektual organisasi yang dapat juga dianggap sebagai BPI (Business Performance Indicator) VAICTM merupakan penjumlahan dari 3 kompunen sebelumnya yaitu : VACA, VAHU dan STVA
VAICTM = VACA + VAHU + STVA

Sumber : Ihyaul Ulum, 2009 (Intellectual Capital Konsep dan Kajian Empiris)


Tidak ada komentar: