Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Jumat, 18 November 2011

PSAK 12 BAGIAN PARTISIPASI DALAM VENTURA BERSAMA


PSAK 12 (revisi 2009) terdiri dari paragraf 1-55. Seluruh paragraf dalam PSAK ini memiliki kekuatan mengatur yang sama. Paragraf yang dicetak dengan huruf tebal dan miring mengatur prinsip-prinsip utama. PSAK 12 (revisi 2009) harus dibaca secara komteks tujuan pengaturan dan Kerangka Dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan. PSAK 25 (revisi 2009) : Kebijakan Akuntansi, Perubahan Estimasi Akuntansi dan Kesalahan memberikan dasar untuk memilih dan menerapkan kebijakan akuntansi ketika tidak ada panduan yang eksplisit. Pernyataan ini tidak wajib diterapkan untuk unsur-unsur yang tidak material.

PENDAHULUAN
Ruang Lingkup
Pernyataan ini diterapkan untuk akuntansi bagian partisipasi dalam ventura bersama dan pelaporan aset, liabilitas, penghasilan dan beban ventura bersama dalam laporan keuangan venturer dan investor, terlepas dari struktur atau bentuk yang mendasari dilakukannya aktifitas ventura bersama. Namun, pernyataan ini tidak berlaku untuk bagian partisipasi venturer dalam pengendalian bersama entitas yang dimiliki oleh :
  1. organisasi modal ventura atau,
  2. reksa dana, unit perwalian dan entitas sejenis termasuk dana asuransi terhubung – investasi.
Yang pada saat pengakuan awal ditetapkan pada nilai wajar melalui laporan laba rugi atau diklasifikasi sebagai dimiliki untuk diperdagangkan dan dicatat sesuai dengan PSAK 55 (revisi 2006) : Instrumen Keuangan : Pengakuan dan Pengukuran. Investasi tersebut diukur pada nilai wajar diakui [ada laporan laba rugi dalam periode terjadinya perubahan. Venturer yang memiliki bagian partisipasi tersebut membuat pengungkapan yang disyaratkan oleh paragraf 51 dan 52.
Bagian partisipasi dalam pengendalian bersama entitas dikecualikan dari paragraf 30 (konsolidasi proporsional) dan 38 (metode ekuitas) jika memenuhi persyaratan untuk diklasifikasi sebagai dimiliki untuk dijual sesuai dengan PSAK 58 (revisi 2009) : Aset Tidak Lancar yang Dimiliki Dijual dan Operasi yang Dihentikan.

DEFINISI
Berikut adalah pengertian istilah yang digunakan dalam pernyataan ini :
Investor dalam ventura bersama adalah pihak dalam ventura bersama dan tidak memiliki pengendalian bersama terhadap ventura besama tersebut.
Konsolidasi proporsional adalah suatu metode akuntansi dimana bagian venturer atas setiap aset, liabilitas,  penghasulan dan beban dari pengendalian bersama entitas diganbungkan satu per satu dengan unsur yang serupa dalam laporan keuangan venturer atau dilaporkan sebagai unsur baris terpisah dalam laporan keuangan venturer.
Motode ekuitas adalah metode akuntansdi diaman bagian partisipasi dalam pengendalian bersama ebtitas pada awalnya dicatat sebesar biaya perolehan dan selanjutnya disesuakan untuk perubahan pasca perolehan dalam bagian venturer atau aset neto dari pengendalian bersama entitas. Laba rugi venturer mencakup bagian venturer atas laba rugi pengendalian bersama entitas.
Pengaruh signifikan adalah kekuasaan untuk berpartisipasi dalam keputusan kebijakan keuangan dan operasional suatu aktivitas ekonomi, tetapi tidak mengendalikan atau mengendalikan bersama atas kebijakan tersebut.
Pengendalian adalah kekuasaan untuk mengatur kebijakan keuangan dan operasional suatu aktifitas ekonomi unuk memperoleh manfaat dari aktifitas tersebut.
Pengedalian bersama adalah persetujuan kontraktual untuk berbagi pengendalian atas suatu aktivitas ekonomi, dan ada hanya ketika keputusan keuangan dan operasional strategis terkait dengan aktivitas tersebut mensyaratkan konsesnsus dari seluruh pihak-pihak ynag berbagi pengendalian (venturer).
Venturer bersama adalah perjanjian kontraktual dimana dua atau lebih pihak menjalankan aktivitas ekonomi yang tunduk pada pengendalian bersama
Venturer adalah pihak dalam ventura bersama dan memiliki pengnedalian bersama atas ventura tersebut.

Sehubungan dengan bgian partisipasi dalam pengendaluan bersama operasi, venturer mengakui dalam laporan keuangannya :
  1. aset yang dikendalikan dan liabilitas yang ditanggung; dan
  2. beban yang ditanggung dan bagian pendapatan yang diperoleh dari penjualan barang dan jasa ventura bersama.
Sehubungan dengan bagian partisipasinya dalam pengendalian bersama aset, venturer mengakui dalam laporan keuangan :
    1. bagiannya atas pengendalian bersama aset, yang diklasifikasikan sesuai dengan sifat aset;
    2. setiap liabilitas yang telah terjadi;
    3. baiannya atas liabilitas yang terjadi bersama dengan venturer lain yang berkaitan dengan ventura bersama;
    4. setiap penghasilan dari penjualan atau penggunaan bagiannya atas output ventura bersama, bersama dengan bagiannya atas beban yang terjadi pada ventura bersama; dan
    5. setiap beban yang telah terjadi sehibingan dengan bagian partisipasinya dalam ventura bersama.

Laporan keuangan Venturer
Kosolidasi Proporsional
Venturer mengakui bagian partisipasinya dlam pengendlian bersama entitas dengan menggunakan metode ekuitas atau sebagai alternatif konsolidasi proporsional. Ketika konsolidai proporsional digunakan, maka salah satu dari dua format pelaporan dibawah ini digunakan.
Venturer menghentikan penggunaan konsolidai proporsional sejak tanggal venturer kehilangan pengendalian bersama atas pengendalian bersama entitas.

METODE EKUITAS
Venturer mengakui bagian partisipasinya dalam pengendalian bersama entitas dengan menggunakan metode ekuitas sebagai pilihan yang direkomendasikan.
Venturer menghentikan penggunaan metode ekuitas sejak tanggal venturer berhenti memiliki pengendalian bersama atas, atau berhenti memiliki pengaruh signifikan dalam, pengendalian bersama entitas.

Pengecualian dari Konsolidasi Proporsional dan Metode Ekuitas
Bagian partisipasi dalam pengendalian bersama entitas yang diklasifikasikan sebagai dimiliki untuk dijual sesuai dengan PSAK 58 (revisi 2009) : Aset Tidak Lancar yang Dimiliki untuk dijual dan Operasi yang Dihentikan dicatat sesuai dengan PSAK tersebut.
Ketika investor berhenti memiliki pengendalian bersama atas suatu entitas, maka investor mencatat investasi yang tersisa sesuai dengan PSAK 55 (revisi 2006) : Instrumen Keuangan : Pengakuan dan Pengukuran sejak tanggal tersebut, dengan kondisi pengendalian bersama entitas sebelumnya tidak menjadi suatu entitas anak atau suatu entitas asosiasi. Sejak tanggal ketika suatu pengendalian bersama entitas menjadi suatu entitas anak dari investor, investor mencatat bagian partisipasinya sesuai dengan PSAK 4 (revisi 2009): Laporan Keuangan Konsolidasian dan Laporan Keuangan Tersendiri dan PSAK 22. Sejak tanggal ketika suatu pengendalian bersama entitas menjadi suatu entitas asosiasi dari investor, investor mencatat bagian partisipasinya sesuai dengan PSAK 15 (revisi 2009): Investasi pada Entitas Asosiasi. Pada saat pengendalian bersama hilang, investor mengukur setiap investasi yang dipertahankan dalam pengendalian bersama entitas sebelumnya pada nilai wajar. Investor mengakui dalam laporan laba rugi dari setiap perbedaan antara:
a. Nilai wajar dari setiap investasi yang dipertahankan dan hasil pelepasan sebagian dari bagian partisipasi dalam pengendalian bersama entitas; dengan
b. Nilai tercatat investasi pada tanggal ketika hilangnya  pengendalian bersama.

Ketika suatu investasi berhenti sebagai pengendalian bersama entitas dan dicatat sesuai dengan PSAK 55 (revisi 2006): Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran, maka nilai wajar investasi ketika berhenti sebagai pengen dalian bersama entitas dianggap sebagai nilai wajarnya pada pengakuan awal sebagai aset keuangan sesuai dengan PSAK 55 (revisi 2006).

TRANSAKSI ANTARA VENTURER DAN VENTURA BERSAMA
Jika venturer mengkontribusikan atau menjual aset kepada ventura bersama, maka pengakuan bagian keuntungan atau kerugian dari transaksi mencerminkan substansi dari transaksi tersebut. Ketika aset dipertahankan oleh ventura bersama, dan dengan syarat venturer telah mengalihkan manfaat dan risiko signifi kan dari kepemilikan aset, maka venturer hanya mengakui bagian keuntungan atau kerugian yang dapat diatribusikan ke bagian partisipasi venturer lain. Venturer mengakui jumlah kerugian secara penuh ketika kontribusi atau penjualan memberikan bukti pengurangan dalam nilai realisasi neto aset lancar atau rugi penurunan nilai.
Ketika venturer membeli aset dari suatu ventura bersama, maka venturer tidak mengakui bagiannya atas keuntungan ventura bersama dari transaksi tersebut sampai venturer tersebut menjual kembali aset tersebut kepada pihak independen. Venturer mengakui bagiannya atas kerugian yang diakibatkan oleh transaksi tersebut dalam cara yang sama dengan keuntungan, kecuali kerugian tersebut diakui segera ketika kerugian tersebut mencerminkan suatu pengurangan dalam nilai realisasi neto dari aset lancar atau rugi penurunan nilai.

PELAPORAN BAGIAN PARTISIPASI DALAM VENTURA BERSAMA PADA LAPORAN KEUANGAN INVESTOR
Investor dalam ventura bersama yang tidak memiliki pengendalian bersama mencatat investasi tersebut sesuai dengan PSAK 55 (revisi 2006): Instrumen Keuangan:
Pengakuan dan Pengukuran, atau jika memiliki pengaruh signifi kan dalam ventura bersama maka sesuai dengan PSAK 15 (revisi 2009): Investasi pada Entitas Asosiasi.

OPERATOR VENTURA BERSAMA
Pengelola atau manajer ventura bersama mencatat setiap imbalan sesuai dengan PSAK 23: Pendapatan.

PENGUNGKAPAN
Venturer mengungkapkan jumlah agregat dari liabilitas kontinjensi berikut (kecuali probabilitas kerugian adalah kemungkinan kecil) secara terpisah dari jumlah liabilitas kontinjensi lainnya:
(a) setiap liabilitas kontinjensi yang ditanggung oleh venturer terkait dengan bagian partisipasinya dalam ventura bersama dan bagiannya dalam setiap liabilitas
kontinjensi yang telah terjadi secara bersama dengan venturer lain;
(b) bagian venturer atas liabilitas kontinjensi dari ventura bersama itu sendiri dimana ventura bersama tersebut terutang secara kontinjen; dan
(c) liabilitas kontinjensi yang timbul akibat venturer terutang secara kontinjen untuk liabilitas venturer lain dari ventura bersama.

Paragraf 51 Venturer mengungkapkan jumlah agregat dari komitmen berikut terkait dengan bagian partisipasinya dalam ventura bersama secara terpisah dari komitmen lainnya:
(a) setiap komitmen modal venturer yang terkait dengan bagian partisipasinya dalam ventura bersama dan bagiannya dalam setiap komitmen modal yang telah terjadi secara bersama dengan venturer lain; dan
(b) bagiannya atas komitmen modal dari ventura bersama itu sendiri.

Paragraf 52 Venturer mengungkapkan daftar dan penjelasan bagian partisipasi dalam ventura bersama yang signifi kan dan bagian partisispasi kepemilikan dalam pengendalian bersama entitas. Venturer yang mengakui bagian partisipasinya dalam pengendalian bersama entitas menggunakan format pelaporan baris demi baris untuk konsolidasi proporsional atau metode ekuitas, mengungkapkan jumlah agregat setiap aset lancar, aset tidak lancar, liabilitas jangka pendek, liabilitas jangka panjang, penghasilan dan beban yang terkait dengan bagian partisipasinya dalam ventura bersama.
Venturer mengungkapkan metode yang digunakan untuk mengakui bagian partisipasinya dalam pengendalian bersama entitas.

TANGGAL EFEKTIF
Entitas menerapkan Pernyataan ini untuk periode tahun buku yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2011.

Untuk mengetahui penjelasan mengenai masing-masing sub bisa dilihati di link disini



Tidak ada komentar: