Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Senin, 08 Desember 2014

SKOP PERUSAHAAN YANG BISA DIANALISA KINERJANYA

Saya akan mencoba menjawab dari beberapa pertanyaan pengunjung blog www.akuntan-si.blogspot.com yaitu perusahaan yang bagaimana yang bisa di nilai kinerjanya.
Perusahaan-perusahaan yang bagaimanakah yang bisa melakukan penilaian kinerja keuangan?

1.      Tak hanya perusahaan yang go publik yang bisa melakukan penilaian kinerja tetapi perusahaan yang  berada pada tingkat nasional pun bisa melakukan penilaian kinerja.

Saya kutip dari bukunya Muladi, 2006 : 416 yaitu kinerja merupakan hal yang penting yang harus dicapai oleh setiap perusahaan manapun, kinerja sering dikaitkan dengan kondisi laporan keuangan. Maka kinerja harus dicapai oleh setiap perusahaan, karena merupakan cerminan dari kemampuan perusahaan dalam mengelola dan mengalokasikan sumberdaya. Tujuan pokok penilaian kinerja adalah untuk memotivasi karyawan dalam mencapai sasaran organisasi dan dalam mematuhi standar perilaku yang sudah ditetapkan. Standar perilaku dapat berupa kebijakan manajemen atau rencana formal yang dituangkan dalam anggaran.

2.      Perusahaan tersebut harus mengeluarkan laporan keuangan secara periodik

Kinerja seringkali dikaitkan dengan kondisi keuangan perusahaan. Untuk mengetahui kondisi suatu perusahaan pada umumnya berfokus pada laporan keuangan disamping data-data non keuangan lain yang bersifat sebagai penunjang. Laporan keuangan berupa neraca, laba/rugi, arus kas dan perubahan modal yang secara bersama-sama memberikan suatu gambaran tentang posisi keuangan perusahaan.

3.      Perusahaan memberikan pertanggungjawaban kepada pihak ke-tiga

Menurut Brigham dan Hosuton, 2006 yaitu Informasi yang terdapat dalam laporan keuangan digunakan investor untuk memperoleh perkiraan tentang laba dan deviden di masa mendatang dan resiko atas penilaian tersebut. Dengan demikian pengukuran kinerja keuangan dari laporan keuangan dapat digunakan sebagai alat ukur pertumbuhan kekayaan pemegang saham.

4.      Perusahaan ingin mengetahui kinerja manajemen

Manajemen harus menetapkan sasaran yang akan dicapai di masa yang akan datang melalui proses perencanaan salah satunya dengan mengindentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan karyawan dan untuk menyediakan kriteria seleksi dan evaluasi program pelatihan karyawan.
Ketika dikaitkan dengan kinerja keuangan yaitu EVA maka EVA ini digunakan untuk menilai efektifitas manajerial untuk satu tahun tertentu. Atau EVA merupakan metode pengukuran kinerja perusahaan yang mempertimbangkan biaya modal atas penggunaan seluruh modal dalam kegiatan operasionalnya.
Pengukuran EVA melibatkan tiga kompunen yaitu
a.      Modal (capital) yang menggambarkan jumlah dana yang digunakan perusahaan dalam menjalankan usahanya,
b.      Keuntungan bersih hasil operasi perusahaan setelah pajak (NOPAT/Net Operating After Tax) yang menggambarkan hasil penciptaan nilai dalam perusahaan;
c.      Biaya modal (cost of capital) yang menggambarkan biaya pengorbanan dalam proses penciptaan nilai.


Untuk perhitunga EVA saya punya beberapa contoh soal bisa lihat dibawah :
Contoh 1 : Apabila EVA dikaitkan dengan penilaian saham
Contoh 2 : Apbila EVA dikaitkan dengan pertumbuhan laba
Baca juga mengenai rasio keuangan

Semoga bermanfaat, dan sedikit membantu. :)
sukses buat kita !!!

1 komentar:

Xclmedia Consulting mengatakan...

Artikel yang sangat bagus dan bermanfaat, Terimakasih. Semoga terus dapat memberi manfaat gan.
Sekedar info, bagi yang menginginkan download aplikasi akuntansi gratis silahkan kunjungi Aplikasi Akuntansi
Atau jika ingin berkonsultasi terkait seputar Akuntansi / Laporan Keuangan silahkan kunjungi xclmedia