Selamat Datang

Assallamualaikum Wr. Wb,
Please Welcome to "Indahnya Belajar Akuntansi" Blog's. Congratulations and Good Usefull Reading to All


Hati Riang, Akuntansi - pun Gampang...Emak-Bapak ikut Senang..

Senin, 26 Mei 2014

Apa itu RESTITUSI PAJAK ???



Adalah pengambalian kelebihan pembayaran pajak (restitusi) terjadi apabila jumlah kredit pajak atau jumlah pajak yang dibayar lebih besar daripada jumlah pajak terhutang atau telah dilakukan pembayaran pajak yang tidak seharusnya terhutang, dengan catatan WP tidak punya hutang pajak lain.
Tata cara Pengambalian Kelebihan Pembayaran Pajak :
1.  Wajib Pajak (WP) dapat mengajukan permohonan restitusi ke Direktur Jenderal Pajak Melalui Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat;
2.  Direktur jenderal Pajak setelah melakukan pemeriksaan, menerbitkan Surat Ketetapan Pajak Lebih Bayar (SKPLB) dalam hal :
a.  Untuk PPh, jika jumlah Kredit Pajak lebih besar dari jumlah pajak yang terhutang atau telah dilakukan pembayaran pajak yang seharusnya tidak terhutang;
b.  Untuk PPN, jika jumlah Kredit Pajak lebih besar dari jumlah pajak yang terhutang atau telah dilakukan pembayaran pajak yang seharusnya tidak terhutang. Apabila terdapat pajak terhutang yang dipungut oleh Pemungut PPN, maka jumlah pajak yang terhutang adalah jumlah pajak Keluaran setelah dikurangi Pajak yang dipungut oleh Pemungut PPN tersebut;
c.  Untuk PPnBM, jika pajak yang dibayar lebih besar dari jumlah pajak yang terhutang, atau telah dilakukan pembayaran pajak yang tidak seharusnya terhutang;
3.  SKPLB diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pajak paling lambat 12 (dua belas) bulan sejak surat permohonan diterima secara lengkap, kecuali untuk kegiatan tertentu ditetapkan lain dengan keputusan Direktur Jenderal Pajak;
4.  Apabila dalam jangka waktu 12 bulan sejak permohonan restitusi, Direktur Jenderal Pajak tidak memberikan keputusan, maka permohonan dianggap dikabulkan, dan SKPLB diterbitkan dalam waktu paling lambat 1 (satu) bulan setelah jangka waktu berakhir.
Pengembalian Pendahuluan
1.  WP dengan kriteria tertentu dapat mengajukan restitusi dan Direktur Jenderal Pajak dapat menerbitkan Surat Keputusan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pajak;
2.  Surat  Keputusan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pajak adalah surat keputusan yang menentukan jumlah pengembalian pendahuluan kelebihan pajak untuk WP tertentu.
3.  Wajib pajak dengan kriteria tertentu adalah WP yang ditetapkan oleh Direjen Pajak dengan syarat :
a.  SPT disampaikan tepat waktu dalam 2 (dua) tahun terakhir;
b.  Dalam tahun terakhir penyampaian SPT Masa yang terlambat tidak lebih dari 3 (tiga) masa pajak untuk setiap jenis pajak dan tidak berturut-turut. Untuk SPT Masa yang terlambat tersebut harus telah disampaikan tidak lewat dari batas waktu penyampaian SPT Masa paja berikutnya;
c.  Tidak mempunyai tunggakan pajak untuk semua jenis pajak kecuali telah memperoleh izin untuk mengangsur atau menunda pembayaran pajak dan tidak termasuk tunggakan pajak sehubungan dengan STP yang diterbitkan untuk 2 (dua) masa pajak terakhir;
d.  Tidak pernah dijatuhi hukuman tidak pidana di bidang perpajakan dalam jangka waktu 10 tahun terakhir;
e.  Laporan keuangan diaduit oleh akuntan publik atau BPKP dengan :
-   Pendapat Wajar Tanpa Pengecualian atau Pendapat Wajar dengan Pengecualian, sepanjang pengecualian tersebut tidak mempengaruhi laba rugi fiskal;
-   Laporan audit disusun dalam bentuk panjang (long form report) dan menyajikan rekonsiliasi laba rugi komersial dan fiskal.
4.  WP yang laporan keuangannya tidak diaudit akuntan publik, juga dapat mengajukan permohonan untuk ditetapkan sebagai wajib pajak kriteria tertentu paling lambat (3) tiga bulan sebelum tahun buku berakhir dengan syarat memenuhi kriteria pada angka 3 huruf a, b dan c, d (diatas) ditambah dengan syarat :
-   Dalam 2 (dua) tahun pajak terakhir menyelenggarakan pembukuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 28 UU tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan;
-   Apabila dalam 2 (dua) tahun terakhir wajib pajak pernah dilakukan pemeriksaaan pajak, maka koreksi fiskal untuk setiap jenis pajak yang terhutang tidak lebih dari 10%.
5.  Kepala Kantor Wilayah DJP atas nama Dirjen Pajak menetapkan WP yang memenuhi kriteria tertentu setiap bulan Januari dan berlaku untuk jangka waktu 2 tahun.
6.  WP yang penghitungan jumlah peredaran usahanya mudaj diketahui karena berkaitan dengan pengenaan cukai sepanjang memenuhi persyaratan WP kriteria tertentu, dapat diberikan pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran PPN.
7.  Suart Keputusan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pajak diterbitkan paling lambat 3 bulan untuk PPh dan 1 bulan untuk PPN, sejak permohonan diterima lengkap.
8.  Dirjen Pajak dapat melakukan pemeriksaaan dan menerbitkan surat ketetapan pajak berupa SKPKB atau SKPLB atau SKPN dalam jangka waktu 10 tahun, terhadap WP yang telah memperoleh pengembalian pendahuluan kelebihan pajak.
9.  SKPK yang diterbitkan ditambah dengan sanksi administrasi kenaikan 100% dari jumlah kekuarangan pembayaran pajak.
Batas akhir pemeriksaan SPT lebih bayar tertunda bila terhadap WP dilakukan pemeriksaan bukti permulaan. Kemudian WP yang dapat diberikan pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran pajak diperluas yaitu :
1.  WP orang pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas;
2.  WP orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas dengan jumlah peredaran usaha dan jumlah lebih bayar sampai dengan jumlah tertentu;
3.  WP badan dengan jumlah peredaran usaha dan jumlah lebih bayar sampai dengan jumlah ternetu dan;
4.  Pengusaha kena pajak yang menyampaikan Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai dengan jumlah penyerahan dan jumlah lebih bayar sampai dengan jumlah tertentu.
Penyebab Terjadinya Lebih Bayar
Ada berbagai kemungkinan penyebab mengapa terjadi kelebihan pembayaran. Yang paling banyak direstitusikan biasanya PPN, dimana nilai Faktur Pajak Masukan (Kredit PPN) lebih besar dibandingkan Faktur Pajak Keluaran. Hal ini paling banyak dialami oleh perusahaan (wajib pajak) yang melakukan penjualan ekspor—PPN yang dibayarkan atas pembelian bahan baku bila dilawankan dengan PPN atas penjualan ekspor yang tariff-nya nol, maka hasilnya pasti kelebihan kredit pajak. Kelebihan kredit pajak ini bisa dimohonkan pengembalian (restitusi)-nya.
5.  Bukan hanya dari PPN, lebih bayar atas jenis pajak apapun (termasuk PPh) bisa diminta kembali oleh wajib pajak (WP). Hanya saja, karena prosedur pengembalian kelebihan pembayaran pajak ini cukup sulit dan memakan waktu, banyak wajib pajak yang memilih untuk mengakumulasikan kelebihan tersebut, menunggu hingga proses restitusi dianggap layak untuk dilakukan.
Sederhananya, pengembalian atas kelebihan bayar pajak—yang biasa disebut ‘restitusi pajak (tax refund)’—terjadi apabila jumlah pajak yang telah dibayar (disebut ‘kredit pajak’) lebih besar daripada jumlah pajak yang terutang, atau telah dilakukan pembayaran pajak yang tidak seharusnya terutang, dengan catatan WP tidak punya hutang pajak lain.
Berapa Jumlah Yang Dapat Direstitusikan? Dari ketentuan ini, jika diformulasikan menjadi:
Jumlah Terbayar – Jumlah Terhutang = Bila plus, maka terjadi lebih bayar.
Misalnya: Total PPN atas dipungut atas penjualan barang (dalam negeri) PT. ABC dalam masa bulan Desember adalah sebesar Rp 10,000,000.  Sementara di sisi lainnya PT. ABC, memeliki kredit pajak yang berupa faktur pajak masukan atas pembelian bahan baku sebesar Rp 15,000,000.  Maka:
Rp 15,000,000 – Rp 10,000,000 = Rp 5,000,000.
Berarti ada kredit (atau kelebihan bayar) sebesar Rp 5, 000,000. Nah inilah jumlah yang bisa direstitusikan. Tentunya setelah kewajiban-kewajiban pajak lain juga telah dihitung. Untuk prosedur rincinya, silahkan terus dibaca hingga tulisan ini selesai.

Sumber 1 : Jurnal Akuntansi
Sumber 2 : www.pajak.go.id




5 komentar:

Mentari mengatakan...

Dear Ibu...

Mohon bantuan dan pencerahannya, saya sangat awam mengenai akuntansi dan pajak, tapi saya diharuskan mengerjakan laporan keuangan perusahaan.
Saya memiliki kasus seperti ini :

Perusahaan memiliki Lebih Bayar Pajak Sebesar Rp. 1.000.000.000 atas restitusi tahun 2016 pada tahun 2017.
Tetapi di tahun 2017 perusahaan kena koreksi pajak atas pemeriksaan pajak dan diketahui ada Kurang Bayar untuk masa tahun pajak 2014, 2015, dan 2016.

Besarnya KB tersebut :
KB 2014 : Rp. 1.000.000.000
KB 2015 : Rp. 300.000.000
KB 2016 : Rp. 200.000.000

Bagaimana untuk penjurnalannya ?
Mohon bantuannya.
Terimakasih.

Mentari mengatakan...

Dear Ibu...

Maaf ketinggalan, 1 Lagi
Mengenai kekurangan sebesar Rp. 500.000.000 nya sudah di bayarkan pada Nov 2017 sebesar 200.000.000 dan Des 2017 sebesar Rp. 300.000.000

Bagaimana untuk penjurnalannya.
Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Bingung mengenai pajak? hub sya di nmr 082239086685 (wa/kontak) jasa pengisian spt wajib pajak pribadi maupun perusahaan

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Adinda Fe mengatakan...

thank you tulisannya berguna sekali karena hari ini saya baru kirim efilling spt dan ternyata lebih bayar.
karena pemasukan saya hanya 1 dari gaji perusahaan, bisa disimpulkan yg lebih bayar nya ada di sisi perusahaan bukan Bu ?
saya pilih restitusi saja.

mohon advice nya